Iklan dempo dalam berita

Awas Modus Kejahatan Terbaru, Sudah Ada Korban! Ini 5 Tips Terhindar dari Modus Ganjal Kartu ATM

Awas Modus Kejahatan Terbaru, Sudah Ada Korban! Ini 5 Tips Terhindar dari Modus Ganjal Kartu ATM

5 Tips Terhindar dari Modus Ganjal Kartu ATM--

BACA JUGA:Brosur KUR BRI 2024, Plafon Rp10-100 Juta Tenor Angsuran 12-60 Kali Cicilan, Angsuran Mulai Rp183 Ribuan

3. Modus Menggunakan Alat Skimming  

Modus yang dilakukan satu ini tergolong sangat canggih, karena untuk melancarkan aksinya dengan menggunakan sejumlah peralatan.

Misalnya seperti alat pemindai magnetik yang biasa disebut dengan skimmer, dudukan slot di mesin ATM, dan dengan menggunakan bantuan perangkat kamera.

BACA JUGA:Brosur KUR BRI 2024, Plafon Rp10-100 Juta Tenor Angsuran 12-60 Kali Cicilan, Angsuran Mulai Rp183 Ribuan

Begitu calon korban melakukan kegiatan bertransaksi otomatis data yang dimiliki korban tercatat melalui alat pemindai tersebut. Dengan begitu penipu bisa mudahnya mengakses data ATM yang dimiliki korbannya tadi. 

Kemudian langkah selanjutnya untuk mengamankan data yang telah berhasil dicuri dari pihak korban, dimasukkan ke dalam kartu palsu buatannya sendiri dan digunakan untuk melakukan transaksi.

BACA JUGA:Terbaru! Ini Tabel KUR Mandiri 2024 dengan Pinjaman Sampai Rp 250 Juta, Lengkap Syarat hingga Cara Pengajuan

4. Nomor Call Centre Palsu

Modus kejahatan call center palsu ini juga masuk dalam modus kejahatan phishing. Tekniknya, penipu menempelkan selembaran informasi berupa nomor panggilan darurat atau nomor call center bank (nomor palsu) untuk laporan nasabah. 

Pertama-tama, pelaku terlebih dahulu memastikan jika mesin ATM dalam kondisi rusak atau sengaja dibuat rusak sebelumnya. Sehingga kondisi semacam itu bisa membuat kartu ATM korban tertahan di dalam mesin. 

BACA JUGA:Cicilan KUR BRI 2024 Plafon Rp 50 Juta, Angsuran Cukup Rp 900 Ribu, Ini Syarat dan Cara Pengajuannya

Pada akhirnya korban yang merasa panik akan langsung menghubungi call center yang telah ditempel oleh penjahat. Kemudian saat di korban melakukan panggilan telepon, maka pelaku akan mengarahkan korban untuk menuruti segala instruksi perintahnya.

BACA JUGA:Tabel KUR BRI 2024, Pinjaman Rp 10-60 Juta Bunga Ringan, Lengkapi Ketentuan Syarat yang Dibutuhkan

Dalam keadaan panik dan tidak sadar serta ditakut-takuti oleh penjahat yang mengatasnamakan dirinya dari pihak customer center bank, maka korban akan menuruti apa saja yang dikatakan oleh si penipu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: