Iklan dempo dalam berita

Awas Modus Kejahatan Terbaru, Sudah Ada Korban! Ini 5 Tips Terhindar dari Modus Ganjal Kartu ATM

Awas Modus Kejahatan Terbaru, Sudah Ada Korban! Ini 5 Tips Terhindar dari Modus Ganjal Kartu ATM

5 Tips Terhindar dari Modus Ganjal Kartu ATM--

Modus penipuan dengan teknis hipnotis ini sangat familiar di kalangan masyarakat. Sudah ada banyak korban berjatuhan. Kamu tentu harus waspada dan berhati-hati saat melakukan transaksi di ATM. 

Cirinya, pelaku biasanya menawarkan sesuatu kepada korban. Misalnya menawarkan bantuan apabila terjadi sesuatu dengan korban saat di depan mesin ATM. Salah satunya dengan menarik kartu yang tersangkut di mesin ATM.

BACA JUGA:Cara Pinjam Uang di Kantor Pos, Bisa Cair Sampai Rp 100 Juta, Ketahui 7 Syarat dan Tabel Pinjamannya

Modus hipnotis ini mungkin saja terjadi jika korban bersentuhan dengan penipu, misalnya seperti di tepuk atau pun bersalaman. 

Hingga pada akhirnya membuat korban menjadi kebingungan dan tidak menyadari dengan kondisi yang telah terjadi bahwa kartu ATM yang dimilikinya telah ditukarkan dengan kartu buatan atau dengan yang palsu. Setelahnya, penjahat akan menguras uang korban dengan kartu ATM yang asli. 

BACA JUGA:Cara Pinjam Uang di Kantor Pos, Bisa Cair Sampai Rp 100 Juta, Ketahui 7 Syarat dan Tabel Pinjamannya

Sebisa mungkin hindari memilih lokasi mesin   ATM di tempat-tempat sepi maupun tempat yang tidak terawat, tidak ada penjaga dan lain sebagainya. 

Tempat-tempat ini berpotensi menjadi sasaran penjahat. Kamu harus senantiasa waspada ketika akan melakukan transaksi di ATM. Jangan mudah percaya dengan orang lain apalagi orang yang tiba-tiba menawarkan bantuan, bisa jadi kamu sudah menjadi incaran mereka. 

BACA JUGA:Harta Karun di Sulawesi Utara, Tambang Perak Bolaang Mongondow Penyumbang Sumber Kekayaan Alam Indonesia

2. Mengganjal dan Modus Lem di ATM 

Modus penipuan ATM ini juga masih sering terjadi. Modus kejahatannya adalah dengan meletakkan sesuatu (batang korek api atau tusuk gigi) pada slot kartu ATM yang akan mengakibatkan kartu ATM terperangkap di slot tersebut.

Pada saat bersamaan pula pelaku mulai melancarkan aksinya, dengan cara berpura-pura menawarkan pertolongan terhadap korban yang menjadi targetnya untuk mengeluarkan kartu ATM yang tersangkut tadi.

BACA JUGA:Terbesar Nomor 2 di Indonesia, Segini Harta Karun yang Ada di Tambang Emas Batu Hijau NTB

Korban biasanya akan langsung meninggalkan ATM untuk mencari bantuan di dalam. Lalu bisa jadi penipu telah mengawasi korban saat memasukkan PIN akan melancarkan aksinya.

Penipu akan melepaskan kartu dari perangkap yang dibuatnya, lalu memasukkannya lagi beserta PIN yang benar untuk mengambil sejumlah uang pada kartu tersebut atau penipu bisa berpura-pura membantu korban dengan mengeluarkan kartu dan menyuruh pihak korban untuk mencoba memasukkannya lagi sambil mengecek PIN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: