Iklan dempo dalam berita

Jejak Penemuan Harta Karun di Proyek Exit Tol Jogonalan, Diduga Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

Jejak Penemuan Harta Karun di Proyek Exit Tol Jogonalan, Diduga Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

Jejak Penemuan Harta Karun di Proyek Exit Tol Jogonalan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Jejak penemuan harta karun di proyek exit Tol Jogonalan, diduga peninggalan Kerajaan Mataram Kuno.

Jejak harta karun emas Wonoboyo terkuak kembali melalui temuan terbaru benda kuno di proyek Exit Tol Jogonalan, ruas jalan tol Solo-Jogja.

Penemuan ini terjadi di Desa Wonoboyo, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), pada 25 April 2023. 

BACA JUGA:Punya Kekayaan yang Tesembunyi, Ini Kabar Penemuan Harta Karun Dinasti Tang di Bangka Saat Ini

Meskipun bukan emas, harta karun terbaru ini, yang ditemukan oleh pekerja proyek Exit Tol Jogonalan, terdiri dari guci keramik dan belanga berbahan logam yang telah mengalami keropos. 

Selain itu, juga ditemukan dua arca kecil, semacam canang, cepuk, dan nampan besar yang terbuat dari logam, serta pecahan gerabah.

Menariknya, penemuan ini terjadi hanya berjarak sekitar 100 meter dari lokasi penemuan harta karun emas Wonoboyo pada 17 Oktober 1990.

BACA JUGA:Penemuan Harta Karun di Jawa Barat dengan Nilai Miliaran Rupiah, Apakah Masih Ada? Ini Lokasinya

Kisah penemuan benda cagar budaya terbaru ini diungkap oleh salah satu penemu, Sriyanto, yang mengaku menerima wisik, wangsit, atau bisikan batin melalui mimpi.

Temuan harta karun yang diduga sebagai peninggalan Kerajaan Mataram Kuno pada April 2023 juga membawa kita kembali ke kisah penemuan harta karun emas Wonoboyo sekitar 32 tahun yang lalu.

BACA JUGA:Luar Biasa! Ini Jejak Penemuan Kendi Berisi Harta Karun VOC di Pandeglang dengan Berat 3 Kilogram

Sumarno, salah seorang yang terlibat dalam penemuan tersebut, memperkirakan bahwa harta karun tersebut memiliki berat lebih dari 100 kilogram, dengan setiap guci beratnya mencapai sekitar 50 kilogram.

Sriyanto, yang juga turut menemukan benda-benda kuno tak jauh dari lokasi temuan emas tersebut, mengaku bahwa awalnya dia mendapat bisikan melalui mimpi untuk mendatangi lahan tersebut karena ada sesuatu yang menarik perhatiannya.

BACA JUGA:Harta Karun juga Ada di Surga, Amalkan Zikir Ini agar Kelak Bisa Mendapatkan Harta Karun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: