Iklan dempo dalam berita

Harta Karun Sumbawa Barat, Cadangannya Emasnya Menggiurkan, Berikut Titik Lokasinya

Harta Karun Sumbawa Barat, Cadangannya Emasnya Menggiurkan, Berikut Titik Lokasinya

Cadangan dan lokasi emas di Sumbawa Barat--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Harta karun Sumbawa Barat, cadangan emasnya mencapai 17,8 ton, berikut titik lokasinya.

Kabupaten Sumbawa Barat, sebuah kabupaten di Nusa Tenggara Barat, Indonesia, terletak di bagian barat Pulau Sumbawa. Wilayah ini berbatasan dengan Laut Flores di utara, Kabupaten Sumbawa di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Selat Alas di barat. 

Pembentukan Kabupaten Sumbawa Barat terjadi pada tanggal 18 Desember 2003, sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Sumbawa, yang diatur dalam Undang-undang Nomor 30 Tahun 2003. Pada pertengahan tahun 2023, jumlah penduduk Sumbawa Barat mencapai 148.585 orang.

BACA JUGA:Manakah yang Lebih Penting, Puasa Sunnah atau Melayani Permintaan Suami Berhubungan?

Nusa Tenggara Barat, khususnya Sumbawa, merupakan salah satu provinsi penghasil emas yang signifikan. Di daerah ini, terdapat salah satu smelter terbesar milik PT Amman Mineral Tbk (AMMN). 

Perusahaan ini, yang bergerak dalam tambang tembaga dan emas, telah beroperasi sejak tahun 2000 dengan lokasi konsesi di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, yang dikenal dengan nama Batu Hijau Mine.

PT Amman Mineral memiliki empat unit bisnis yang berfokus pada pengembangan tambang dan pengolahan mineral.

BACA JUGA:Sangat Dilarang Dalam Islam! Ini Penjelasan Kenapa Babi dan Anjing Menjadi Haram

Berdasarkan informasi yang tersedia di situs resminya, PT Amman Mineral mengoperasikan tambang tembaga dan emas seluas 25.000 hektar di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara, Indonesia.

Saat ini, perusahaan sedang melakukan eksplorasi di bagian lain dari wilayah IUPK-nya, termasuk prospek eksplorasi di Elang. 

Selain itu, Amman juga melakukan kegiatan pengolahan bijih menjadi konsentrat di situs Batu Hijau, Kabupaten Sumbawa Barat, yang dilengkapi dengan smelter. Smelter Batu Hijau ini memiliki kapasitas produksi sebesar 220.000 ton katoda tembaga, 17,8 ton emas, dan 54,7 ton perak.

BACA JUGA:Mana yang Harus Didahulukan, Melayani Permintaan Suami Berhubungan atau Mengerjakan Sholat?

Ada sederet perusahaan tambang besar yang beroperasi di sejumlah daerah di Indonesia. Sebagian dari korporasi itu memang milik negara (BUMN), tetapi banyak juga yang masuk daftar perusahaan tambang swasta terbesar di Indonesia.

Berikut adalah daftar 10 perusahaan tambang terbesar di Indonesia beserta profil singkatnya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: