Iklan RBTV Dalam Berita

Sempat Viral Penemuan Pasir Emas di Pantai Maluku, Warga Berbondong-bondong Datang, Ini 5 Fakta yang Terjadi

Sempat Viral Penemuan Pasir Emas di Pantai Maluku, Warga Berbondong-bondong Datang, Ini 5 Fakta yang Terjadi

Penemuan pasir emas di Pantai Maluku--

Rata-rata, mereka mendapatkan antara 4 hingga 10 gram emas dari aktivitas mendulang di sekitar muara dan pantai.

"Ada beberapa warga yang bahkan telah mendapatkan 10 gram emas sejak Sabtu lalu. Namun, mereka memilih untuk merahasiakannya," ujar Rais Paweai, Kepala Desa Tamilow.

Diketahui bahwa warga cenderung menutupi temuan emas mereka kepada orang luar karena khawatir akan dicuri oleh pihak lain atau orang yang mengaku sebagai aparat.

2. Keterlibatan Pemerintah Daerah

Wakil Bupati Maluku Tengah Marlatu L Leleury baru memerintahkan Sekda dan Kadis Lingkungan Hidup Malteng untuk mengecek kehebohan ini.

Kabupaten Maluku Tengah belum memiliki dinas pertambangan, yang mengurus mineral dan energi.

“Saya sudah minta sekda dan kadis lingkungan. Kita juga akan akan koordinasi ke dinas pertambangan energi dan mineral, kita belum ada di OPD Malteng,” katanya. Sebelum bertolak ke Leihitu, untuk mempersiapkan kunjungan Presiden Jokowi ke kawasan pelabuhan Maluku Tengah.

BACA JUGA:Tabel Pinjaman BRI untuk Pensiunan Plafon Rp50 Juta, Selain SK, Ini Syarat Wajib Pengajuan Pinjaman

Setelah viral di media sosial dan diberitakan warga semakin ramai berbondong-bondong untuk mencari emas, selain di bibir pantai, pasir berkilau keemasan ini juga didulang di sekitar muara sungai Loyain dan anak sungai Tamilow.

Sepanjang jalur Trans Seram dari arah Sepa, salah satu kampung terpadat di kecamatan Amahai. Jarak Sepa dengan Tamilow sekitar 15 km ke arah timur. Perangkat Negeri dan pemuda kampung mulai berjaga-jaga.

3. Muncul Kedatangan Presiden

Penemuan butiran emas di pantai ini terjadi menjelang kedatangan Presiden Joko Widodo ke Maluku. Diketahui bahwa temuan emas ini muncul pada Jumat (19/3/2021), sementara Jokowi dijadwalkan untuk tiba di Ibukota Provinsi Ambon dan Namlea, Pulau Buru pada Rabu (24/3/2021).

BACA JUGA:Daftarkan Sekarang! Kartu Prakerja 2024 Gelombang 66 Resmi Dibuka, Dapatkan Bantuan Rp 4,2 Juta

Dengan adanya penemuan ini dan kunjungan Presiden, hal ini tentu menambah kompleksitas dan ketertarikan terhadap situasi di pantai Maluku, serta menimbulkan pertanyaan mengenai potensi ekonomi dan dampak sosial dari penemuan tersebut.

4. Penjelasan dari LIPI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: