Iklan dempo dalam berita

Hari Kartini, Ini 25 Kutipan Inspiratif RA Kartini tentang Emansipasi Wanita yang Menggugah Hati

Hari Kartini, Ini 25 Kutipan Inspiratif RA Kartini tentang Emansipasi Wanita yang Menggugah Hati

Kutipan inspiratif R.A Kartini yang menggugah hati--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Hari Kartini, ini 25 kutipan inspiratif RA Kartini tentang emansipasi wanita yang menggugah hati dan semangat menggapai mimpi. Quotes ini banyak dicari oleh masyarakat saat peringatan Hari Kartini. 

Raden Ajeng Kartini atau RA Kartini merupakan salah satu sosok perempuan yang dikenal sebagai pejuang emansipasi wanita Indonesia.

Dirinya lahir pada tanggal 21 April 1879 di Jepara, Jawa Tengah. Kartini tumbuh dalam lingkungan keluarga bangsawan Jawa yang konservatif, akan tetapi dia memiliki semangat dan keinginan yang besar untuk belajar serta meraih pembebasan perempuan dari tradisi yang membatasi.

BACA JUGA:Hari Kartini, Berikut Biografi R.A Kartini, Pahlawan yang Memperjuangkan Kesetaraan Gender

RA Kartini adalah pahlawan wanita yang memperjuangkan kesetaraan kaum wanita, terutama di bidang pendidikan.

Selain jasanya dalam menjunjung emansipasi wanita, RA Kartini juga tanpa henti menggerakkan semangat juang bagi bangsa Indonesia agar dapat menuntaskan kebodohan dengan memiliki pendidikan yang tinggi.

Kumpulan pemikirannya banyak digunakan sebagai kata-kata bijak RA Kartini yang inspiratif tentang kaum wanita, cita-cita, dan kehidupan lainnya.

Seperti diketahui, kutipan tersebut terlihat pada surat-suratnya terdahulu yang dirangkum dalam buku berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

Bahkan, tulisan-tulisannya juga menjadi inspirasi tokoh-tokoh Indonesia seperti W.R Soepratman yang menciptakan lagu dengan judul “Ibu Kita Kartini.”

BACA JUGA:Info Terbaru Cara Pinjam Uang Online BRI, Dana Rp 10 Juta Lebih Mudah Cair Bisa Tanpa Jaminan

Hari Kartini

Kartini wafat pada usia yang masih muda, yaitu 25 tahun. Akan tetapi warisannya telah meninggalkan jejak yang kuat dalam perjuangan emansipasi perempuan di Indonesia

Sebagai penghormatan, hari Kartini diperingati setiap 21 April, hal itu untuk mengenang jasa pahlawan nasional perempuan Indonesia RA Kartini. 

Biasanya, berbagai quotes RA Kartini akan mewarnai kehadiran peringatan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April setiap tahunnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: