Iklan dempo dalam berita

Ini Kerajaan di Indonesia yang Meninggalkan Harta Karun, Berikut Jejak Penemuannya

Ini Kerajaan di Indonesia yang Meninggalkan Harta Karun, Berikut Jejak Penemuannya

Jejak peninggalan harta karun kerajaan--

4. Benda-benda Kekuasaan

Seperti tahta, mahkota, dan peralatan seremonial lainnya yang digunakan oleh raja, ratu, atau anggota kerajaan lainnya dalam upacara dan acara istana.

5. Barang-barang Kehidupan Sehari-hari

Barang-barang seperti perabotan, vas, mangkuk, piring, dan peralatan makan lainnya yang terbuat dari logam mulia atau dihiasi dengan hiasan-hiasan yang mewah.

BACA JUGA:Cerita Rakyat Tentang Penjaga Gaib Harta Karun Kerajaan Bali dan Kisah Tentang Danau Batur

Harta karun kerajaan sering kali memiliki nilai sejarah dan kebudayaan yang penting bagi suatu negara atau wilayah, dan sering menjadi objek penelitian, eksplorasi, atau pemulihan bagi para sejarawan, arkeolog, dan kolektor.

Berikut adapun kerajaan indonesia zaman dulu yang meninggalkan harta karun, berikut jejak penemuannya:

1. Harta Karun Majapahit

Harta karun emas yang baru ditemukan di wilayah Jawa Timur telah menjadi sorotan utama bagi para sejarawan dan arkeolog.

Sebanyak 254 lempengan emas, dengan berbagai bentuk dan ukuran, memberikan gambaran yang menakjubkan tentang kemegahan dan kekayaan masa lalu, khususnya dari zaman Kerajaan Medang dan Majapahit.

BACA JUGA:Hati-hati dengan Zodiak Ini! Berikut 4 Zodiak yang Konon Memiliki Kekuatan Supranatural

Menurut Pelaksana Tugas Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XI Jatim, Kuswanto, temuan ini tersebar dalam rentang waktu dari tahun 1977 hingga 2008.

Bentuk dan varian lempengan emas ini sangat bervariasi, mencapai 59 jenis, yang mencerminkan keberagaman seni dan kekayaan budaya pada masa itu.

Diantara berbagai bentuknya, terdapat lempengan emas tipis yang diukir dengan motif dewa, senjata dewa, dan mantra-mantra suci.

Ada juga yang berbentuk lingkaran, bunga, kura-kura, cincin, dan banyak lagi. Setiap bentuk dan motif memiliki makna dan simbolik tersendiri dalam konteks kepercayaan dan budaya masyarakat pada masa lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: