Iklan dempo dalam berita

Begini Penanganan Pertama Terkena Luka Tertusuk Duri Sawit, Awas Infeksi! Siapkan Obat Antibiotik

Begini Penanganan Pertama Terkena Luka Tertusuk Duri Sawit, Awas Infeksi! Siapkan Obat Antibiotik

Penanganan pertama tertusuk duri sawit--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Begini penanganan pertama terkena luka tertusuk duri sawitawas infeksi! Siapkan obat antibiotik. 

Pohon sawit (Elaeis guineensis) dikenal sebagai tanaman penghasil minyak kelapa sawit yang banyak digunakan dalam industri makanan, kosmetik dan energi.

Namun di balik manfaatnya, tumbuhan ini memiliki duri yang dapat menyebabkan bahaya dan dampak bagi manusia. Terkena duri sawit memang bisa menyebabkan luka yang menyakitkan. 

Namun, dengan perawatan yang tepat dan menggunakan beberapa cara kamu dapat mengobati luka akibat duri sawit dan mempercepat proses penyembuhannya. 

BACA JUGA:Cara Mengajukan Pinjaman KSM Melalui Livin Mandiri, Cek Simulasi Cicilan Rp 70 Juta

1. Kompres Dingin untuk Mengurangi Peradangan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengobati luka akibat duri sawit adalah dengan mengompresnya menggunakan air dingin. Kompres dingin akan membantu mengurangi peradangan serta meminimalkan rasa nyeri yang kamu rasakan. 

Selain itu, kompres dingin juga membantu mengurangi risiko pembengkakan daerah yang terkena. Caranya cukup mudah, siapkan segelas air dingin dan bungkus es batu menggunakan kain bersih.

Letakkan di atas luka selama 10-15 menit. Ulangi sebanyak mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

BACA JUGA:Cara Mengajukan Pinjaman KSM Melalui Livin Mandiri, Cek Simulasi Cicilan Rp 70 Juta

2. Basuh Luka dengan Air Garam Hangat

Jika luka akibat duri sawit terasa perih dan bernanah, kamu dapat mencoba mengobatinya dengan air garam hangat. Air garam memiliki khasiat antiseptik dan membantu membersihkan luka dari kuman dan kotoran. 

Caranya, siapkan sekitar setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat. Aduk hingga garam larut sepenuhnya.

Lalu gunakan campuran air garam ini untuk membasuh luka dengan lembut. Lakukan beberapa kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: