Iklan dempo dalam berita

Inilah 7 Daerah Penghasil Gas Alam Terbesar di Indonesia, dari Sumatra hingga Kepulauan Riau

Inilah 7 Daerah Penghasil  Gas Alam Terbesar di Indonesia, dari Sumatra hingga Kepulauan Riau

Inilah 7 Daerah Penghasil Gas Alam Terbesar di Indonesia, dari Sumatra hingga Kepulauan Riau--foto: rbtv.disway.id

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Inilah 7 daerah penghasil  gas alam terbesar di Indonesia, dari Sumatra hingga Kepulauan Riau.

Indonesia memiliki berbagai sumber daya alam, termasuk gas alam. Lalu di manakah daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia? Berikut penjelasannya.

Indonesia berada di urutan ke-13 sebagai negara dengan cadangan gas terbesar dunia dengan jumlah mencapai 103.350.000 juta kubik per hari. 

BACA JUGA:Manfaat Minyak Bumi Apa Saja? Simak 10 Kegunaannya Bagi Kehidupan, Berserta Keuntungan

Secara persentase, Indonesia menyimpan 1,5% gas bumi dari cadangan seluruh dunia dengan urutan pertama ditempati Rusia. 

Sementara di Asia Pasifik, Indonesia menjadi salah satu negara dengan cadangan terbesar, sehingga tidak heran apabila produksi terus ditingkatkan baik onshore maupun offshore. 

Eksplorasi gas bumi dilakukan lantaran memberikan banyak manfaat. Hasil dari pengolahan sumber energi tersebut digunakan sebagai bahan bakar pembangkit listrik seperti PLTU dan PLTG. Selain itu dipakai sebagai bahan bakar industri hingga kendaraan.

Gas bumi juga dipakai sebagai bahan baku beragam industri seperti pupuk, plastik, cat, dan berbagai industri seperti obat-obatan dan makanan. 

BACA JUGA:Ini Negara Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Dunia, Tembus 3,93 Miliar Barel

Tak hanya itu, gas bumi juga digadang-gadang menjadi sumber energi transisi menuju net zero carbon 2050 mendatang. 

Lantas, mana saja daerah penghasil gas bumi terbesar di Indonesia?

1. Sumatra Selatan

Daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia urutan pertama adalah Provinsi Sumatra Selatan. Ada enam kabupaten di Sumsel yang menjadi penyokong pengolahan gas alam di sana dengan pusatnya berada di Kabupaten Musi Banyuasin.

Secara umum, Sumatra Selatan memiliki jumlah gas alam mencapai 497.426.90 MMBTU. Perlu diketahui, MMBTU adalah satuan panas yang digunakan untuk menyatakan dalam satuan juta (BTU atau British Thermal Unit). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: