Iklan dempo dalam berita

Dipercaya Berabad-abad, Begini Pembenaran Mitos Nasi Basi Pertanda Adanya Hal Buruk

Dipercaya Berabad-abad, Begini Pembenaran Mitos Nasi Basi Pertanda Adanya Hal Buruk

Mitos Nasi Basi Pertanda Adanya Hal Buruk--

Di Indonesia sendiri biasanya mitos menceritakan tentang terjadinya asal usul, susunan para dewa, terjadinya manusia pertama dan tokoh pembawa kebudayaan dan sebagainya.

BACA JUGA:Jangan Asal-asalan! Begini Caranya agar Burung Kenari Cepat Selesai Mabung

Namun, ada pula orang yang menjadikan mitos sebagai kepercayaan. Dengan demikian, masyarakat seperti inilah yang menjadikan mitos adalah sebuah keyakinan.

Ada yang dikatakan sebagai Islam mitos yakni cerita-cerita mengenai suatu kebohongan akan suatu hal, suatu tempat, alam, manusia serta mengandung arti mendalam dan diungkapkan dengan cara gaib. 

Dalam Islam hal itu disebut dengan khufarat, yaitu ajaran yang tidak mempunyai landasan kebenaran. Atau orang-orang biasa mengenalnya dengan takhayul.

BACA JUGA:Jangan Sembarangan! Ini Cara Merawat dan Melatih Burung Perkutut agar Rajin Bersuara

Islam adalah agama yang percaya tentang kebenaran dan sumber daripada kebenaran sendiri datangnya berasal dari Al-Quran yang langsung difirmankan oleh Allah SWT, hal tersebut terkandung dalam surah Al-Baqarah ayat 147,

الْحَقُّ مِنْ رَبِّكَ ۖ فَلَا تَكُونَنَّ مِنَ الْمُمْتَرِينَ

Artinya: “Kebenaran itu adalah dari Tuhanmu, sebab itu janganlah sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu.” (QS. Al-Baqarah: 147)

BACA JUGA:Penyuka Burung Dara Pemula Wajib Tahu! Ini Cara agar Burung Dara Kembali ke Kandang dan Tidak Hilang

Percaya kepada khufarat atau mitos adalah cara berfikirnya orang-orang musyrik. Orang-orang semacam ini tidak menggunakan akal dan hati untuk mencari dan mengamalkan kebenaran.

Dalam Islam, orang yang tidak menggunakan akal dan hati untuk mencari dan mengamalkan kebenaran akan dimasukan ke dalam neraka, sebagaimana dalam firman Allah SWT dalam surah Al-Quran Al-Mulk ayat 10,

وَقَالُوا لَوْ كُنَّا نَسْمَعُ أَوْ نَعْقِلُ مَا كُنَّا فِي أَصْحَابِ السَّعِيرِ

Artinya: “Sekiranya kami mendengar atau emikirkan (peringatan itu) niscaya tidaklah kami termasuk penghuni-penghuni neraka yang menyala-nyala.” (QS. Al-Mulk: 10)

BACA JUGA:Nasi Kamu Sering Cepat Basi di Magic Com? Ini Solusi yang Tepat untuk Mencegahnya

Kepercayaan terhadap kufarat dan mitos dalam bentuk ritual tertentu baik sesajen, ruwatan, dan yang lainnya untuk memohon kebaikan dan meminta perlindungan berarti telah menyekutukan Allah SWT. Hal ini jelas menyimpang dari ajaran dan tauhid prinsip dasar Islam.

Islam mengajarkan untuk berdoa, memohon segala kebaikan dan berlindung dari keburukan hanya kepada Allah SWT semata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: