Iklan dempo dalam berita

Ini Daerah Penghasil Minyak Bumi di Papua di Bagian Timur, Serta Potensi Cadangan Minyak Bumi di Papua

Ini Daerah Penghasil Minyak Bumi di Papua di Bagian Timur, Serta Potensi Cadangan Minyak Bumi di Papua

Ini Daerah Penghasil Minyak Bumi di Papua di Bagian Timur--

Kilang ini menjadi salah satu aset vital dalam industri minyak bumi di Papua Barat, menghadirkan manfaat ekonomi yang signifikan bagi daerah tersebut serta menyumbang pada produksi minyak nasional.

BACA JUGA:Ini Negara Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Dunia, Tembus 3,93 Miliar Barel

Mengutip dari laman Pertamina, kilang minyak ini dibangun di area seluas kurang lebih 80 hektar di Desa Malabam, Kecamatan Seget Kabupaten Sorong, Papua yang bersebelahan dengan Kasim Marine Terminal (KMT) Petro China.

Lokasinya yang strategis berdekatan dengan fasilitas terminal ini memudahkan proses distribusi dan pengiriman produk minyak bumi ke berbagai wilayah, baik lokal maupun internasional. Kilang tersebut mulai beroperasi sejak Juli 1997 dan mempunyai kapasitas 10.000 barel per hari.

BACA JUGA:Bisa Bikin Warga 1 Provinsi Kaya, Berikut Daerah yang Memiliki Harta Karun Minyak Bumi

Selain menjadi pusat pengolahan minyak bumi, Kilang Minyak Kasim juga menjadi saksi sejarah perkembangan industri minyak di Papua Barat. 

Seiring dengan waktu, kilang ini telah mengalami berbagai perubahan dan peningkatan dalam hal teknologi, kapasitas produksi, dan standar keselamatan.

Hal ini menggambarkan komitmen Pertamina dalam mengembangkan infrastruktur minyak bumi yang modern dan efisien di wilayah tersebut.

BACA JUGA:Air Sumur Warga Kepahiang Bisa Dibakar, Dinas ESDM Pastikan Bukan karena Minyak Bumi

Selain itu, Pemerintah mengindikasikan adanya potensi cadangan minyak bumi yang berjumlah fantastis di Area Warim, Papua. Tak kira-kira, jumlahnya bisa mencapai 27 miliar barel melebihi potensi migas yang ada di Blok Masela.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan membeberkan terdapat potensi minyak dan gas bumi (migas) dengan jumlah potensi cadangan mencapai 27 miliar barel.

Dalam pengungkapannya, Luhut menyatakan bahwa potensi cadangan raksasa tersebut berlokasi di Wilayah Warim, Papua.

BACA JUGA:Ketika Minyak Bumi Habis dari Dunia Ini, Kendaraan Kita akan Menggunakan Bahan Bakar Berikut

"Kita temukan lagi dapat potensi 27 miliar barel oil. Ini kita sedang tunggu, di laut apa hanya di darat, pasti saja di laut," ungkap Luhut dalam acara Marine Spatial Planning & Services Expo 2023, dikutip Jumat (22/9/2023).

Sebagaimana diketahui, potensi migas raksasa di Warim itu masih terbentur dengan masalah lingkungan hidup, hal itu karena wilayah tersebut berada di Taman Nasional Lorentz.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: