Iklan dempo dalam berita

Biar Ngga Asal-asalan, Begini Cara Ternak Ikan Mas di Kolam Tanah agar Cepat Panen!

Biar Ngga Asal-asalan, Begini Cara Ternak Ikan Mas di Kolam Tanah agar Cepat Panen!

Cara budidaya ikan mas agar untung--

Untuk memulai budidaya ikan mas, peternak harus memahami secara mendalam persyaratan dan teknik yang diperlukan.

BACA JUGA:Begini Cara Merebus Telur Puyuh Agar Matangnya Pas dan Telur Tidak Pecah

Syarat dan kondisi lingkungan yang ideal memainkan peran penting dalam kesuksesan budidaya ikan mas. Ikan mas (Cyprinus carpio) merupakan spesies yang menghuni perairan air tawar, dan untuk menciptakan lingkungan yang optimal bagi pertumbuhannya, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan.

Pertama-tama, tempat yang ideal untuk budidaya ikan mas adalah daerah dengan ketinggian 150 hingga 600 meter di atas permukaan laut (mdpl). Habitat yang disukai ikan mas adalah perairan air tawar dengan arus yang lambat, tidak terlalu deras, dan tidak terlalu dalam. 

Meskipun demikian, ikan mas kadang-kadang juga dapat ditemukan di muara sungai atau perairan payau dengan kadar garam antara 25 hingga 30 persen. Suhu air yang ideal untuk mendukung pertumbuhan ikan mas berkisar antara 25 hingga 30 derajat Celsius.

BACA JUGA:Tak Hanya Manfaat, Kenali Sederet Efek Samping Minum Air Rebusan Daun Salam dan Sereh

Dalam hal pemberian makanan, ikan mas merupakan jenis omnivora yang memakan binatang renik dan tumbuhan yang terdapat di sekitar habitatnya.

Oleh karena itu, lingkungan budidaya ikan mas juga harus menyediakan kondisi yang mendukung pertumbuhan tumbuhan air sebagai sumber pakan alami bagi ikan tersebut.

Setelah mempertimbangkan syarat dan kondisi lingkungan yang ideal, langkah selanjutnya adalah membuat kolam budidaya. Proses ini merupakan tahap awal yang krusial dalam memulai usaha budidaya ikan mas.

BACA JUGA:Berapa Menit Waktu Merebus Telur yang Ideal? Ketahui Durasinya Agar Matang Sempurna

Pertama, tentukan lokasi yang tepat untuk pembuatan kolam. Pastikan sumber air mudah dijangkau dan sesuai dengan kebutuhan ikan mas. Kemudian, mulailah menggali tanah untuk membentuk kolam.

Ukuran atau luas kolam dapat disesuaikan dengan lahan yang tersedia, namun sebaiknya tidak terlalu luas agar memudahkan pengontrolan dan pemeliharaan ikan.

Jenis tanah juga perlu dipertimbangkan. Untuk tanah liat berpasir, tanggul kolam dapat dibuat menggunakan tanah. Sedangkan untuk jenis tanah yang lebih gembur, sebaiknya tanggul kolam dibuat menggunakan tembok agar tidak mudah longsor. 

BACA JUGA:Supaya Khasiatnya Tetap Terjaga, Ini Cara Menyimpan Air Rebusan Daun Salam

Kedalaman kolam yang ideal untuk budidaya ikan mas adalah antara 120 hingga 150 sentimeter. Sebelum digunakan, dasar kolam perlu dicangkul agar menjadi gembur dan memungkinkan pertumbuhan ikan mas yang optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: