Iklan dempo dalam berita

Telur Rebus Banyak Manfaat, Begini Cara Merebus Telur Agar Nutrisinya Tidak Hilang

Telur Rebus Banyak Manfaat, Begini Cara Merebus Telur Agar Nutrisinya Tidak Hilang

Telur Rebus Banyak Manfaat, Begini Cara Merebus Telur Agar Nutrisinya Tidak Hilang--Foto: ist

Putih telur rebus memiliki gizi lebih sehat daripada digoreng atau dengan cara masak lainnya. Setelah mendidih, keluarkan kuning telurnya untuk menikmati camilan rendah kolesterol dalam telur rebus.

4. Sumber zat kolin

Kolin memiliki peran penting dalam memelihara sel dalam tubuh, telur rebus memiliki zat ini. Kolin juga berpengaruh dalam perkembangan otak dan ingatan agar tidak mudah lupa.

Lutein dan zeaxanthin pada kandungan telur rebus memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi yang membantu menjaga kesehatan mata.

BACA JUGA:Telur Rebus Setengah Matang, Begini Cara Merebus Telur Stengah Matang yang Sempurna

Cara Merebus Telur Agar Nutrisinya Tidak Hilang

Memang telur cukup mudah cara mengolahnya, tapi tahu nggak sih kalau ternyata nutrisi di dalam telur bisa berkurang jika cara masaknya kurang tepat. Lalu gimana sih cara yang paling tepat? Yuk disimak sampai habis!

1. Pilih Cara yang Tepat untuk Mengolah

Untuk mempertahankan nutrisi di dalam telur, pilih cara mengolah telur seperti merebus, mengukus, atau memanggang. Agar rasanya lebih enak, kamu bisa memanggang telur dengan lapisan daun pisang. Cara seperti ini lebih baik daripada menggoreng dengan banyak minyak. Tapi, hindari merebus telur dalam waktu terlalu lama, karena panas yang berlebihan akan merusak nutrisi. 

BACA JUGA:Begini Cara Merebus Telur Agar Mudah Dikupas dan Tidak Berantakan, Berapa Lama?

2. Rebus Telur dalam Waktu yang Tepat

Untuk mendapatkan tekstur dan kematangan yang maksimal, berapa lama seharusnya merebus telur? Untuk telur setengah matang, kamu bisa merebus telur 4-6 menit, sedangkan kalau kamu lebih suka yang matang sempurna, rebus telur selama 10-15 menit dengan api sedang. Agar panasnya merata dan mengurangi risiko overcooking, maka hindari api yang terlalu besar.

Saat direbus, kadang cangkang telur bisa retak. Lalu, apa solusinya biar nggak retak? Masukkan telur ke dalam air dingin sebelum memasak agar cangkang atau kulit telur tidak retak dan mempermudah proses pengupasan setelah matang.

3. Gunakan Minyak Sehat untuk Menggoreng

Boleh saja kalau kamu mau lebih banyak variasi olahan telur, bukan cuma direbus tapi juga digoreng. Untuk menggoreng telur yang lebih sehat, pilih minyak yang sehat seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Sebaiknya kurangi minyak yang mengandung lemak trans. Untuk meningkatkan kandungan vitamin dan mineralnya, tambahkan irisan tomat atau sayuran ke dalam hidangan telur yang digoreng. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: