Iklan dempo dalam berita

Selain Ampuh Atasi Sembelit, Ternyata Ada 10 Manfaat Biji Duku untuk Kesehatan

Selain Ampuh Atasi Sembelit, Ternyata Ada 10 Manfaat Biji Duku untuk Kesehatan

10 Manfaat Biji Duku untuk Kesehatan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Biji duku dan manfaatnya untuk kesehatan, salah satunya untuk atasi sembelit, jangan dibuang lagi ya!

Duku, buah yang tumbuh subur di tanah asalnya, Malaysia, dan tersebar luas di wilayah-wilayah lain di Asia Tenggara, adalah buah tropis lezat yang tak dapat diabaikan.

BACA JUGA:Manfaat Biji Duku untuk Menutrisi Kulit dan Mengurangi Radang Jerawat, Begini Cara Mengolahnya

Dengan dagingnya yang kecil dan manis, duku bukan hanya memanjakan lidah tetapi juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dalam setiap 100 gram porsi duku, kita menemukan kandungan nutrisi yang membanggakan. Mulai dari protein sebesar 1 gram, karbohidrat sebesar 14,2 gram, hingga serat sebesar 0,8 gram, duku merupakan sumber energi yang kaya dan bergizi.

BACA JUGA:Ternyata Biji Duku Berpotensi Sebagai Obat Malaria! Begini Cara Mengolahnya

Selain itu, buah yang juga dikenal sebagai "langsat" ini mengandung vitamin C sebesar 2 mg serta berbagai jenis vitamin B yang penting untuk kesehatan tubuh.

Tak hanya itu, duku juga menyimpan beragam elektrolit seperti sodium dan kalium, masing-masing sebesar 1 mg dan 275 mg. 

BACA JUGA:Banjir Duku? Bijinya Jangan Dibuang! Walau Pahit, Ini Manfaat Biji Duku untuk Penderita Insomnia

Ditambah lagi dengan kandungan mineral seperti kalsium sebesar 19 mg, zat besi sebesar 0,9 mg, dan fosfor sebesar 31 mg, menjadikan duku sebagai pilihan buah yang kaya nutrisi dan dapat menjadi bagian penting dari pola makan sehat kita sehari-hari.

Tak hanya dagingnya yang bermanfaat, ternyata biji duku juga mengandung sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa, meskipun rasanya pahit saat kita menggigitnya. 

BACA JUGA:Khasiat Biji Duku Jadi Obat Mujarab untuk Berbagai Penyakit, Salah Satunya Kanker

Ketika kita tidak sengaja tergigit biji duku, tidak perlu khawatir karena sebenarnya biji ini memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi kesehatan. 

Sejumlah manfaat biji duku yang pahit ini memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa, seperti saponin yang bersifat antibakteri, antivirus, dan antiinflamasi, flavonoid yang melindungi tubuh dari radikal bebas, tanin yang bersifat antidiare dan astringen, dan juga minyak atsiri yang memiliki sifat antiseptik dan analgesik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: