Iklan dempo dalam berita

Si Kecil Sering Cegukan, Jangan Khawatir Dulu, Coba Cara Berikut untuk Menghilangkan Cegukan

Si Kecil Sering Cegukan, Jangan Khawatir Dulu, Coba Cara Berikut untuk Menghilangkan Cegukan

Penyebab dan cara mengatasi cegukan pada bayi--

Makan terlalu banyak menjadi salah satu alasan kenapa bayi sering cegukan. Jika lambung meregang terlalu cepat atau makan terlalu kenyang, maka dapat membuat otot diafragma mengalami spasme atau kekakuan. 

Ketika sedang menyusui bayi, cobalah untuk menyusui secara perlahan, berhenti, lalu sendawakan bayi sebelum berganti ke payudara sebelahnya. 

Atau jika bayi minum dengan botol, sendawakan bayi ketika ia sudah minum setengahnya, barulah lanjutkan minumnya beberapa menit kemudian.

BACA JUGA:Tak hanya jadi Bahan Dapur! Ini Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Jantung

2. Menelan Udara Terlalu Banyak

Jika bayi menelan terlalu banyak udara sewaktu makan atau minum, hal ini juga akan meregangkan perut dan menyebabkan cegukan pada bayi. 

Ketika Moms sedang menyusui, pastikan bibir bayi membuka lebar dan "mengunci" keseluruhan puting. 

Sedangkan jika bayi menyusu dengan botol, angkat botol hingga 45 derajat sehingga udara akan naik ke bagian bawah botol. Selain itu, pastikan anak diposisikan duduk di pangkuan (sekitar 30-45 derajat) ketika diberi makan, sehingga dapat mencegah udara berada di dalam lambung.

3. Makan Terlalu Cepat

Makan terlalu cepat merupakan salah satu penyebab bayi sering cegukan.  Karena itu, jika cegukan pada bayi terjadi saat sedang makan, berhenti menyuapinya sejenak dan biarkan ia sendawa. Bisa jadi Moms menyuapinya terlalu cepat. 

BACA JUGA:Bansos UMKM Rp 2,4 Juta Segera Cair April 2024, Begini Cara Cek Daftar Nama Penerimanya

Sendawa dapat membantu menghilangkan kelebihan gas yang mungkin menjadi penyebab cegukan. Untuk menyendawakan bayi, tempatkan dirinya pada posisi tegak.

4. Menyuapi Bayi saat Sedang Menangis

Sering kali Moms memberikan dot susu ketika anak sedang rewel atau menangis. Padahal, menyuapi bayi atau memberikan susu saat anak menangis bisa membuatnya mengalami cegukan karena banyaknya udara yang masuk. 

Selain cegukan, justru yang lebih berbahaya, bayi dapat berisiko mengalami tersedak! Oleh sebab itu, waspadalah dengan kebiasaan memberikan dot kepada bayi ketika ia sedang menangis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: