Iklan dempo dalam berita

Alami dan Murah, Berikut Tanaman untuk Obat Asam Urat, Bisa Ditanam di Samping Rumah

Alami dan Murah, Berikut Tanaman untuk Obat Asam Urat, Bisa Ditanam di Samping Rumah

Tanaman untuk obat asam urat--

BACA JUGA:Penting untuk Tahu, Ini Syarat Mengkafani Jenazah, Pahami juga Tata Caranya

2. Kunyit

Bukan hanya sekadar bumbu dapur, namun kunyit juga memiliki kandungan senyawa kimia antiradang bernama curcumin yang dapat menjadi obat alami untuk asam urat.

Namun, pada beberapa kasus, kunyit diketahui dapat menimbulkan beberapa efek samping, seperti meningkatkan produksi asam lambung, diare, batu ginjal, sakit kepala, dan efek lainnya. 

Jadi, penderita asam urat sebaiknya tidak mengonsumsi kunyit secara berlebihan dan dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi kunyit.

BACA JUGA:Ngga Masalah! Ini Racikan Umpan Mancing Ikan Mas Sederhana tapi Ampuh Tanpa Kroto, Dijamin Gacor

3. Biji Seledri

Biji seledri disebut sebagai salah satu obat asam urat alami karena ekstraknya diketahui mempunyai sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan di area sendi akibat peradangan pada penyakit asam urat.

Senyawa flavonoid pada seledri terbukti menurunkan kadar asam urat dengan meningkatkan pembuangan asam urat melalui urine. Khasiat ini didapatkan dari zat aktifnya yakni iridoid glikosida dan flavonoid.

Selain itu, biji seledri juga mengandung berbagai senyawa aktif, di antaranya luteolin dan 3-n-butylphthalide (3nB) yang bermanfaat dalam mengurangi peradangan dan mengontrol produksi asam urat, sehingga dapat menurunkan asam urat. Meski begitu, khasiat biji seledri sebagai obat asam urat alami masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

BACA JUGA:Racikan Essen Galatama Ikan Mas Babon yang Ampuh, Bikin Strike Bertubi-tubi!

4. Tanaman Jelatang

Tanaman jelatang atau urtica dioica merupakan sejenis tanaman herbal yang diyakini bisa menjadi obat alami untuk asam urat. Tanaman ini diketahui mengandung zat antiradang yang disebut dengan hox alpha.

Zat tersebut mampu menekan pelepasan sitokin yang memicu peradangan pada sendi. Tanaman jelatang juga diperkaya dengan kalium, kalsium, dan magnesium yang bisa digunakan untuk meredakan gejala asam urat secara alami.

Untuk memperoleh manfaat jelatang tersebut, penderita dapat mengonsumsi ekstrak tanaman jelatang yang tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, atau teh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: