Iklan dempo dalam berita

Sudah Banyak Diambil, Cadangan Harta Karun Emas di Mimika Papua Tengah Masih Banyak, Ini Lokasinya

Sudah Banyak Diambil, Cadangan Harta Karun Emas di Mimika Papua Tengah Masih Banyak, Ini Lokasinya

Potensi emas dan lokasinya di Mimika Papua Tengah--

NASIONAL RBTVCAMKOHA.COM – Sudah banyak diambil, cadangan emas di Mimika Papua Tengah masih banyak, segini sisanya sekarang dan lokasinya.

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam, terutama di sektor pertambangan. Salah satu wilayah yang memiliki potensi besar di bidang ini adalah Papua, sebuah provinsi yang terletak di bagian timur Indonesia.

Papua dikenal sebagai lumbung emas Indonesia karena memiliki cadangan bijih emas terbesar di negara ini, bahkan di dunia.

BACA JUGA:Indonesia Vs Uzbekistan, Ini Tempat Nobar Semifinal Piala Asia U23 di Jogja, Saksikan Sejarah Terukir!

Emas adalah logam mulia yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan banyak diminati sebagai investasi, perhiasan, dan bahan elektronik. Emas juga merupakan salah satu komoditas yang paling stabil harganya di pasar global.

Indonesia adalah negara produsen emas terbesar ketujuh di dunia, dengan produksi mencapai 137 ton pada tahun 2023 lalu. Dan Papua memiliki potensi sumber daya emas yang sangat besar, bahkan terbesar di dunia.

Menurut data Badan Geologi Kementerian ESDM, Papua memiliki cadangan bijih emas sebesar 3.565,7 juta ton, yang setara dengan 52 persen dari total cadangan emas Indonesia.

BACA JUGA:Tempat Nobar Semifinal Piala Asia U23 di Surabaya, Siapkan Aksi Terbaikmu, Ini Pesan Kapolrestabes Surabaya

Cadangan emas di Papua terkonsentrasi di wilayah Mimika, yang juga menjadi lokasi dari PT Freeport Indonesia.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, PT Freeport Indonesia mengoperasikan tambang Grasberg, yang merupakan salah satu penghasil tunggal tembaga dan emas terbesar di dunia, juga mengandung cadangan tembaga dan emas terbesar di dunia.

PT Freeport Indonesia mengeksplorasi, menambang, dan memproses bijih yang mengandung tembaga, emas, dan perak. PT Freeport Indonesia menghasilkan konsentrat tembaga, emas, dan perak, yang kemudian diekspor ke berbagai negara.

BACA JUGA:Dukung!!! Ini Lokasi Nobar Piala Asia U-23 Indonesia Vs Uzbekistan di Bengkulu, Ada Doorprize Jutaan Rupiah

Berdasarkan laporan keuangan Freeport-McMoRan Inc, hingga Desember 2020 lalu, PT Freeport Indonesia memproduksi sekitar 1,2 miliar pon tembaga dan 1,2 juta ons emas.

PT Freeport Indonesia juga memberikan kontribusi besar bagi perekonomian daerah dan nasional, baik melalui pajak, royalti, dividen, maupun CSR. PT Freeport Indonesia juga mendukung pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan masyarakat di Papua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: