Iklan dempo dalam berita

Cadangan Harta Karun Terbesar di Kawasan Asia Pasifik, Ini Potensi dan Lokasi Gas Alam Kepulauan Riau

Cadangan Harta Karun Terbesar di Kawasan Asia Pasifik, Ini Potensi dan Lokasi Gas Alam Kepulauan Riau

Potensi dan lokasi gas alam Kepulauan Riau--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Cadangan harta karun terbesar di Kawasan Asia Pasifik, ini potensi dan lokasi gas alam Kepulauan Riau.

Provinsi Kepulauan Riau, atau yang lebih dikenal dengan singkatan Kepri, merupakan salah satu daerah pemekaran dari Provinsi Riau.

Terbentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2002 pada tanggal 24 September 2002, namun penyelenggaraan pemerintahannya baru dimulai dua tahun kemudian, tepatnya pada 1 Juli 2004, oleh Menteri Dalam Negeri Hari Sabarno atas nama Presiden Megawati Soekarnoputri.

Provinsi ini beribu kota di Tanjungpinang dan terdiri dari 5 kabupaten dan 2 kota. Kabupaten-kabupaten tersebut adalah Bintan, Karimun, Natuna, Lingga, dan Kepulauan Anambas, sementara kotanya adalah Batam dan Tanjung Pinang.

BACA JUGA:Evaluasi Eksisting, 6 Dari 24 Panwascam di Kepahiang Gugur

Meskipun memiliki luas wilayah yang relatif kecil, hanya 8.201,72 kilometer persegi atau 0,43 persen dari luas daratan Indonesia, Provinsi Kepri memiliki jumlah penduduk yang cukup signifikan, mencapai 2,17 juta jiwa pada tahun 2022. Hal ini menjadikannya sebagai provinsi terkecil keempat setelah Bali, Yogyakarta, dan DKI Jakarta.

Dikenal dengan moto “Berpancang Amanah, Bersauh Marwah”, Kepri juga terkenal sebagai gerbang pariwisata bahari kedua setelah Bali. Setiap tahun, jutaan wisatawan mengunjungi provinsi kepulauan ini untuk menikmati berbagai destinasi wisata, mulai dari yang berbau bahari, sejarah, hingga keindahan alam.

BACA JUGA:Paling Dicari Kolektor, Ternyata Batu Akik Sulaiman Punya Khasiat Memperlancar Rezeki, Cek Harganya

Selain sebagai destinasi wisata, Kepri juga memiliki potensi sumber daya alam mineral dan energi yang cukup besar.

Di wilayah ini, terdapat lapangan gas D-Alpha yang memiliki potensi untuk menambah sekitar 20 persen dari cadangan gas nasional jika dieksplorasi secara optimal.

Selain itu, potensi perikanan tangkap di Kepri juga diperkirakan mencapai 1,1 juta ton per tahun, menunjukkan kekayaan alam yang dimilikinya.

BACA JUGA:Jadi Penyumbang Harta Karun Gas Nasional, Ini Potensi dan Lokasi Gas Alam di Kalimantan Timur

Gas alam menjadi salah satu kekayaan alam yang sangat berharga bagi Kepulauan Riau (Kepri). Sebagai sumber daya energi utama, gas alam memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan daerah ini.

Gas alam adalah salah satu sumber energi fosil yang terbentuk secara alami di bawah permukaan bumi selama jutaan tahun.

Biasanya terdiri dari campuran hidrokarbon ringan seperti metana (CH4), etana (C2H6), propana (C3H8), dan butana (C4H10), serta beberapa senyawa lainnya. Gas alam sering ditemukan bersama-sama dengan minyak bumi, terperangkap di dalam lapisan batuan bawah tanah yang disebut reservoir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: