Iklan dempo dalam berita

Calon Ibu Wajib Tahu, Ini 7 Ciri-ciri Kontraksi Jenis Bayi Laki-laki, Pertanda Persalinan Sudah Dekat

Calon Ibu Wajib Tahu, Ini 7 Ciri-ciri Kontraksi Jenis Bayi Laki-laki, Pertanda Persalinan Sudah Dekat

Ciri kontraksi bayi-laki-laki--

7. Pembukaan

Pembukaan merupakan suatu kondisi dimana rahim ibu membuka atau melebar. Pembukaan ini akan terjadi 10 kali sampai tibanya waktu melahirkan.

Sementara itu, setiap ibu yang melahirkan pasti akan merasakan kontraksi, terutama jika melahirkan normal.

Kontraksi, yang dikendalikan hormon oksitosin dan prostaglandin, merupakan sumber utama dari sakit yang ibu rasakan saat melahirkan. Melalui kontraksi ini, leher rahim akan terbuka perlahan-lahan dan memungkinkan bayi turun ke jalan lahir.

BACA JUGA:Syarat Pinjaman Online SeaBank, Minimal Umur 21 Tahun, Bisa Ajukan Dana Rp 3 Juta

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kebanyakan ibu yang melahirkan bayi laki-laki memakan waktu persalinan lebih lama daripada wanita yang melahirkan bayi perempuan.

Artinya, wanita yang melahirkan bayi laki-laki mungkin akan merasakan kontraksi lebih lama. Ini tentunya bisa membuat nyeri yang dirasakan lebih berat karena juga bercampur dengan rasa lelah.

Meski begitu, perbedaan waktu ibu hamil yang melahirkan bayi laki-laki dan perempuan pada penelitian ini tidak signifikan. Jadi, melahirkan bayi laki-laki tidak bisa dikatakan pasti lebih sakit daripada melahirkan bayi perempuan.

BACA JUGA:Breaking News: Dua Pria Hanyut Terseret Ombak di Pantai Panjang, Satu Orang Ditemukan Meninggal Dunia

Meski rasa sakit saat persalinan tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin, ada beberapa bukti yang menyatakan bahwa kehamilan bayi laki-laki berisiko lebih tinggi untuk mengalami komplikasi, seperti diabetes gestasional, kelahiran prematur, dan preeklamsia. Kondisi ini secara tidak langsung juga akan meningkatkan risiko terjadinya kesulitan saat persalinan.

Rasa nyeri merupakan hal yang tidak bisa dihindari ketika melahirkan bayi laki-laki maupun perempuan karena timbulnya rasa sakit diakibatkan oleh pembukaan serviks dan kontraksi otot-otot rahim yang dibutuhkan untuk mengeluarkan bayi dari kandungan.

BACA JUGA:Dikenal Penghasil Timah Terbesar, Ternyata Bangka Belitung Simpan Harta Karun 6 Miliar Ton, Ini Lokasinya

Untuk meringankannya, berikut ini ada sejumlah cara yang mungkin bisa dilakukan sebelum atau saat proses persalinan normal:

1. Ikuti senam hamil, yoga, hipnosis, akupunktur, dan akupresur sebelum persalinan.

2. Lakukan pijat bawah punggung untuk mengurangi rasa nyeri dan lakukan teknik pernapasan setiap kali merasakan kontraksi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: