Iklan dempo dalam berita

Ini Lokasi Persis Cadangan Tambang Lithium di Jawa Tengah, Potensinya 1.000 PPM

Ini Lokasi Persis Cadangan Tambang Lithium di Jawa Tengah, Potensinya 1.000 PPM

Lokasi Cadangan Tambang Lithium di Jawa Tengah--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMIni lokasi persis cadangan tambang Lithium di Jawa Tengah, potensinya 1.000 PPM.

 

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan adanya temuan situs baru sumber lithium di wilayah Bledug Kuwu, Grobogan, Jawa Tengah.

Sumber daya alam di Indonesia tidak terbatas pada keanekaragaman hayati. Berbagai daerah di Indonesia juga dikenal sebagai penghasil berbagai jenis bahan tambang, seperti petroleum, timah, gas alam, nikel, tembaga, bauksit, timah, batu bara, emas, dan perak.

BACA JUGA:Lagi Cari HP Xiaomi Terbaru? Yuk Intip Daftar Harga Terbaru Varian Hp Xiaomi Mei 2024

Baru-baru ini Indonesia dikejutkan dengan penemuan Lithium. Lithium menjadi salah satu komoditas mineral kritis masa depan, sebagai bahan baku pembuat baterai kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV).

Moehammad Awaluddin, Koordinator Mineral Pusat Sumber Daya Mineral, Batu Bara, dan Panas Bumi (PSDMBP), mengungkapkan bahwa jumlah lithium yang telah ditemukan di wilayah tersebut diperkirakan mencapai 1.000 PPM Lithium.

Lebih lanjut, Awaluddin menjelaskan bahwa sumber daya lithium yang ditemukan di Bledug Kuwu, Jawa Tengah, berasal dari sistem brine atau campuran lumpur dan air.

BACA JUGA:Kekerasan di STIP Berujung Kematian, Ini Wajah Tersangka, Kronologis hingga Ancaman Hukumannya

"Wilayah Bledug Kuwu ini juga termasuk dalam sistem brine, jadi kami mengambil sampel dari lumpur dan air. Ketika sampel tersebut dikeringkan selama beberapa hari, kadar lithiumnya dapat meningkat hingga 10 kali lipat," jelasnya.

"Hal ini menjadi sangat menarik dan wilayah cekungannya cukup luas. Kami berencana untuk melakukan studi yang lebih mendalam, baik dari segi geokimia, geofisika, maupun hidrogeologi," tambahnya.

Tidak hanya lithium, dalam penelitian tersebut juga ditemukan sumber mineral lain, seperti boron. Awaluddin menegaskan bahwa mineral boron memiliki potensi penting, terutama dalam konteks teknologi bahan bakar hidrogen.

"Selain itu, di wilayah tersebut juga terdapat mineral boron yang memiliki peran yang signifikan, terutama dalam pengembangan teknologi bahan bakar hidrogen," katanya.

BACA JUGA:Heboh, Janda Muda itu Ditemukan Meninggal Dalam Kondisi Tidak Lazim dan Sudah Berbau

Bledug Kuwu adalah gunung api lumpur yang terletak di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah. Tempat ini berjarak kurang lebih 28 km ke arah timur dari kota Purwodadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: