Iklan dempo dalam berita

Tambang Mangan di Nusa Tenggara Timur, Potensinya Mencapai 37.101.754 Ton

Tambang Mangan di Nusa Tenggara Timur, Potensinya Mencapai 37.101.754 Ton

Lokasi dan jumlah cadangan mangan di Nusa Tenggara Timur--

Sederhananya, Anda tidak dapat membuat baja tanpa mangan. Sekitar 500.000 metrik ton mangan digunakan setiap tahun di berbagai negara untuk industri baja.

Penggunaan awal mangan untuk membuat baja dimulai pada sekitar tahun 1860, dan bahan tersebut belum tergantikan hingga saat ini.

Karena itu, mangan dianggap sebagai salah satu komoditas mineral paling penting bagi sejumlah negara terutama Amerika Serikat. Mangan menghilangkan kandungan belerang dan oksigen saat bijih besi diubah menjadi besi, yang bisa membuatnya lebih tahan karat.

BACA JUGA:Bisa Ditiru! Begini Cara Membangun Personal Branding Sosial Media agar Terkenal

Proses ini juga merupakan bagian paling penting yang membantu mengubah besi menjadi baja

2. Membuat Logam

Mangan murni yang diproduksi secara elektrolitik sebagian besar digunakan untuk membuat tembaga, aluminium, magnesium, nikel dan untuk produksi bahan kimia lain dengan kemurnian tinggi.

Fungsi mangan dalam pembuatan logam adalah untuk meningkatkan ketahanan korosi dan sifat mekaniknya.

3. Bahan Pupuk

Mangan termasuk dalam satu dari sembilan nutrisi penting untuk pertumbuhan tanaman. Banyak proses yang bergantung pada nutrisi ini, termasuk pembentukan kloroplas, fotosintesis, metabolisme nitrogen, pertahanan patogen, pensinyalan hormon, dan sintesis beberapa enzim.

BACA JUGA:Granat Peninggalan Belanda Ditemukan di Kebun Jeruk, Begini Kondisinya

Fungsi yang paling banyak dipelajari dalam metabolisme tanaman yang bergantung pada mangan adalah reaksi pemisahan air di PSII, yang merupakan langkah pertama fotosintesis.

4. Sebagai Bahan Pakan Ternak

Secara historis, mangan (Mn) menjadi sumber yang paling umum digunakan dalam nutrisi hewani untuk melengkapi makanan. 

Mangan terlibat dalam mengaktifkan enzim yang bertanggung jawab untuk produksi mukopolisakarida dan glikoprotein yang membentuk matriks organik tulang dan tulang rawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: