Iklan dempo dalam berita

Temuan Harta Karun Raksasa di Kalimantan Timur, Menyimpan Cadangan Gas Bumi Mencapai 5 Triliun

Temuan Harta Karun Raksasa di Kalimantan Timur, Menyimpan Cadangan Gas Bumi Mencapai 5 Triliun

Harta karun gas bumi di Kalimantan Timur--ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMTemuan harta karun raksasa di Kalimantan Timur, menyimpan cadangan gas bumi mencapai 5 triliun.

Kalimantan Timur, wilayah yang kaya akan sumber daya alam, menawarkan potensi yang luas di sektor pertambangan dan kehutanan. Dari segi pertambangan, keberadaan sumber daya tambang seperti minyak dan gas bumi, batu bara, emas, dan bauksit menjadi aset utama. Sementara di sektor kehutanan, potensi yang tak kalah menjanjikan dengan adanya kayu jati, kelapa sawit, dan beragam hasil hutan lainnya.

BACA JUGA:Harta Karun Raksasa! di Sini Lokasi Tambang Minyak dan Gas Bumi Aceh

Berita mengenai temuan cadangan gas bumi "raksasa" di Kalimantan Timur menambah bobot penting wilayah ini dalam kontribusinya bagi Indonesia. Dikategorikan sebagai raksasa karena jumlahnya yang luar biasa, diperkirakan mencapai 5 Triliun Kaki Kubik (TCF), temuan ini memiliki dampak signifikan yang mencakup dua aspek utama bagi Indonesia.

Cadangan gas bumi raksasa di Kalimantan Timur (Kaltim) ini terungkap melalui eksplorasi di Blok North Ganal, yang dikelola oleh ENI, sebuah perusahaan migas yang berbasis di Italia.

Penemuan cadangan gas raksasa tersebut tepatnya dari sumur eksplorasi Geng North-1 di Blok North Ganal.

Analis Energi Institute for Energy Economic and Financial Analysis (IEEFA), Putra Adhiguna, menjelaskan penemuan tersebut akan memperpanjang usia cadangan gas nasional sekaligus mendorong investasi minyak dan gas (migas).

Menurut dia, menjelaskan usia cadangan gas Indonesia diproyeksikan hanya mampu bertahan hingga 17 tahun ke depan.

Dengan adanya temuan estimasi cadangan gas 5 TCF tersebut, bakal semakin menambah usia cadangan gas Indonesia.

“Kita masih menunggu berapa jumlah cadangan resmi yang nanti dikeluarkan oleh ENI maupun pemerintah. Ini rasanya sebuah langkah yang baik untuk ke depan,” ujar Putra melalui keterangan pers.

BACA JUGA:Apa Itu Proyek Transmisi Gas Bumi? Bakal Jadi Pengganti LPG 3 KG Rumah Tangga

Gas alam atau gas bumi adalah gabungan dari beberapa gas yang terbentuk secara perlahan di bawah permukaan bumi. Gas yang membentuk gas alam yaitu metana, etena, propan, dan butan. Gas alam biasanya terbentuk bersama minyak bumi yang berasal dari tumbuhan dan hewan yang mati jutaan tahun lalu.

Gas bumi terdiri dari senyawa hidrogen dan juga karbon dengan sifat berwarna atau juga tidak berwarna. Hal tersebut membuat gas alam menjadi salah satu energi yang mempunyai sifat bersih dan aman untuk pemakaian sehari-hari. Tetapi kita harus hati-hati juga karena gas alam memiliki sifat yang mudah terbakar. 

Berikut ini jenis-jenis gas bumi dan karakteristiknya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: