Iklan dempo dalam berita

Harta Karun Cadangan Minyak Bumi di Kalimantan Tengah Capai 31%, Cek Daerah Penghasil Minyak Bumi Terbesar

Harta Karun Cadangan Minyak Bumi di Kalimantan Tengah Capai 31%, Cek Daerah Penghasil Minyak Bumi Terbesar

Harta karun cadangan minyak bumi di Kalimantan Tengah--ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM Harta karun cadangan minyak bumi di Kalimantan Tengah mencapai 31%

Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang luar biasa. Salah satu jenis sumber daya alam yang sangat penting bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Indonesia adalah minyak bumi.

BACA JUGA:Temuan Harta Karun Raksasa di Kalimantan Timur, Menyimpan Cadangan Gas Bumi Mencapai 5 Triliun

Indonesia adalah salah satu produsen dan eksportir minyak bumi pulau yang memiliki potensi sumber daya minyak bumi yang sangat besar di Indonesia Kalimantan.

Pulau ini menyimpan cadangan minyak bumi yang melimpah dan tersebar di berbagai daerah. Berikut ini adalah ulasan mengenai potensi Cadangan sumber daya minyak bumi Kalimantan tengah. 

Pada tahun 2020, Indonesia telah berhasil mengakumulasi cadangan minyak bumi yang mencapai jumlah besar, yakni sebesar 3,6 miliar barel, sementara produksinya mencapai angka sekitar 705.000 barel per hari. Potensi cadangan minyak bumi yang terdapat di Kalimantan Tengah sendiri diperkirakan mencapai 31% dari total cadangan nasional tersebut.

Sejumlah perusahaan terkemuka yang bergerak di sektor minyak bumi, baik di Sumatera maupun Kalimantan, telah menjalankan operasinya dengan penuh dedikasi. Antara lain, PT Pertamina (Persero), Chevron Pacific Indonesia, ExxonMobil, Medco Energi, Total E&P Indonesie, dan VICO Indonesia telah menunjukkan komitmen mereka dalam memanfaatkan dan mengembangkan potensi sumber daya alam minyak bumi di Indonesia.

BACA JUGA:Harta Karun Berupa Tambang Emas Tersembunyi di Kalimantan Utara

Berikut ini daftar daerah penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia, antara lain:

1. Riau

Riau merupakan daerah yang menjadi penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia. Sebagian besar minyak tersebut dihasilkan dari Kepulauan Natuna yang memiliki beberapa blok tambang di antaranya yakni Rokan, Selat Malacca, Selat Panjang, Siak, Mountain Front Kuantan, Coastal Plains dan Pekanbaru.

2. Sumatera Selatan

Produksi minyak bumi terbesar juga dihasilkan dari daerah Sumatera Selatan. Beberapa daerah yang terkenal dengan kilang minyaknya terdapat di Plaju, Muara Enim, dan Sungai Gering.

Sebagai contoh, kilang minyak Plaju yang terletak di Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: