Iklan dempo dalam berita

Cadangan Nikelnya Peringkat 2 di Dunia, Segini Harta Karun Tambang Nikel yang Tersimpan di Maluku Utara

Cadangan Nikelnya Peringkat 2 di Dunia, Segini Harta Karun Tambang Nikel yang Tersimpan di Maluku Utara

Lokasi dan cadangan nikel di Maluku Utara--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMCadangan nikelnya peringkat 2 di dunia, segini harta karun tambang nikel yang tersimpan di Maluku Utara.

Sudah bukan rahasia lagi jika Indonesia menjadi salah satu negara di dunia dengan sumber daya alam yang sangat melimpah. Kondisi excellent tectonic dan geologi yang membawa Indonesia menjadi salah satu produsen terbesar emas, tembaga, nikel dan timah

BACA JUGA:3 Weton yang Diprediksi Menemukan Harta Karun Keberuntungan di Tahun 2024, Kamu Termasuk?

Oleh karena itu, Indonesia menjadi negara dengan peringkat nomor 2 di dunia untuk cadangan nikel sebesar 72 juta ton. Jumlah ini merupakan 52 persen dari total cadangan nikel dunia sebanyak 139.419.000 ton.

Maluku Utara menjadi salah satu provinsi dengan sumber nikel terbesar di Indonesia. Tambang nikelnya terutama berada di Pulau Obi menjadi penghasil tambang nikel terbesar di Indonesia.

Diperkirakan, cadangan nikel di Kawasan Maluku Utara mencapai 1,4 miliar ton bijih. Bahkan wilayah ini disebut sebagai penyumbang terbesar pertambangan nikel di Indonesia dengan cadangan nikel sebesar 39% dan tembaga 92,48% dari total nasional. 

BACA JUGA:Percaya Atau Tidak, Primbon Jawa Sebut 8 Weton Ini Hidupnya Bergelimang Harta Layaknya Sultan

Selain stok yang melimpah, kualitas nikel dan tembaga yang dihasilkan dari Pulau Obi juga telah diekspor ke beberapa negara seperti Tiongkok, Jepang, Korea, Filipina dan masih banyak lainnya.

Laporan Perekonomian Maluku Utara yang sempat beberapa tahun lalu dipublikasikan Bank Indonesia, menyebutkan perekonomian Provinsi Maluku Utara pada triwulan II 2022 tumbuh sebesar 27,74% year on year (yoy), tetap tumbuh tinggi meskipun mengalami deselerasi dibandingkan triwulan sebelumnya yang tumbuh sebesar 28,33% (yoy).

BACA JUGA:10 Weton Penarik Harta Karun Alam Gaib, Kaya Raya 7 Turunan

Maluku Utara menjadi provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia untuk periode triwulan II 2022, bersama dengan Papua sebagai provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi kedua, dan Sulawesi Tengah dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi ketiga.

Dilihat dari sisi permintaan, pertumbuhan ekonomi tetap didorong oleh pertumbuhan masif ekspor luar negeri sejalan dengan terus meningkatnya produksi komoditas hilir nikel, serta pertumbuhan investasi yang masuk sejalan dengan operasional smelter di Maluku Utara.

Beberapa perusahaan tambang nikel di Pulau Obi telah menjalankan amanat hilirisasi dengan meningkatkan nilai tambah, melalui proses pengolahan atau biasa disebut smelter dan pemurnian.

BACA JUGA:Meski Kaya Harta, 6 Zodiak Ini Tidak Suka Pamer Kekayaan dan Selalu Kerja Keras

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: