Iklan dempo dalam berita

Meski Bikin Nafsu Makan, Jenis Ikan ini Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Meski Bikin Nafsu Makan, Jenis Ikan ini Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Ikan yang tidak boleh dimakan penderita asam urat--ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Meski bikin nafsu makan, berikut daftar ikan yang tidak boleh dimakan penderita asam urat.

Asam urat atau gout merupakan peradangan sendi yang disebabkan tingginya kadar asam urat di dalam darah. Karena berkaitan dengan darah, konsumsi makanan sangat berkaitan dengan penyakit ini. Oleh sebab itu, ada beberapa pantangan asam urat yang perlu dihindari oleh penderitanya. 

BACA JUGA:10 Investor Pengeruk Harta Karun Terbesar di Indonesia, Mulai dari Emas Hingga Batu Bara

Tahukah anda bahwa ada beberapa jenis ikan yang tidak boleh dimakan oleh penderita asam urat loh. Pantangan asam urat adalah makanan yang tinggi purin memperburuk rasa sakit dari asam urat. Purin merupakan senyawa yang diubah menjadi asam urat di dalam tubuh. Apabila kadar purin melebihi batas normal, tubuh akan menumpuk kristal asam urat sehingga menyebabkan terjadinya peradangan sendi atau biasa dikenal dengan penyakit asam urat.

Maka dari itu, penderita asam urat harus menghindari makanan yang mengandung purin tinggi untuk mencegah meningkatnya timbunan kristal asam urat di dalam tubuh. 

BACA JUGA:Dari yang Tertua Hingga Terbesar, Ini 7 Peta Lokasi Harta Karun Minyak Bumi di Indonesia dan Investor

Memang, purin banyak ditemukan dalam sel makhluk hidup termasuk hewan dan tumbuhan sehingga sulit untuk sama sekali tidak dikonsumsi. Berikut beberapa ikan tinggi purin yang tidak boleh dimakan penderita asam urat

1. Ikan teri (kering): 1.109 mg 

2. Makerel: 246 mg 

3. Bonito: 211 mg 

4. Sarden: 306 mg. 

Selain ikan, ada beberapa makanan dan minuman yang tinggi purin dan harus dihindari oleh penderita asam urat, berikut daftarnya:

1. Jeroan

Pantangan asam urat yang pertama adalah jeroan. Jeroan hewan, seperti jantung, babat, hati, usus, ampela, dan sejenisnya diketahui mengandung purin yang cukup tinggi. Maka dari itu, sebisa mungkin batasi atau bahkan hindari konsumsi jeroan terlebih ketika asam urat sedang kambuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: