Iklan dempo dalam berita

Temuan Harta Karun Batu yang Mengandung Emas di Gunung Mas Kalimantan Tengah Hebohkan Masyarakat

Temuan Harta Karun Batu yang Mengandung Emas di Gunung Mas Kalimantan Tengah Hebohkan Masyarakat

Temuan Harta Karun Batu yang Mengandung Emas di Gunung Mas Kalimantan Tengah--

Cara ini biasanya efektif untuk mengenali emas asli dalam bentuk batangan atau koin. Namun, perhiasan emas yang telah didesain khusus dengan campuran logam tambahan akan memiliki permukaan yang lebih keras dan tidak akan meninggalkan bekas gigitan. 

Untuk perhiasan, lebih baik menggunakan tes magnet seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

BACA JUGA:Harta Karun Emas di Sumatera Peninggalan Zaman Belanda, Ini Peta Lokasinya

4. Emas Asli Memiliki Suara Nyaring 

Cara lain untuk membedakan emas asli adalah dengan mendengarkan suaranya. Emas asli memiliki permukaan yang padat dan menghasilkan suara nyaring saat jatuh ke permukaan keras seperti keramik atau logam.

Suara dari emas asli akan terdengar seperti dering panjang dengan nada tinggi. Jika dijatuhkannya ke permukaan logam, suaranya akan semakin nyaring. Ini berbeda dengan suara emas palsu yang cenderung lebih pendek dan kurang nyaring.

BACA JUGA:Peta Lokasi Harta Karun Emas Peninggalan Prabu Siliwangi di Bogor, Ada di Gunung

5. Emas Menghantarkan Listrik dengan Baik

Salah satu karakteristik unik emas adalah kemampuannya dalam menghantarkan listrik. Konsentrasi elektron bebas dalam logam emas mencapai 5,90 × 10^22 per cm³, membuatnya memiliki sifat konduktor. 

Dalam hal menghantarkan listrik, emas bahkan mengungguli logam lain seperti tembaga. Sifat konduktornya yang luar biasa membuat emas asli telah menjadi salah satu bahan terbaik untuk aplikasi listrik.

BACA JUGA:Ini Daftar Perusahaan Tambang Harta Karun Nikel di Halmahera Serta Cadangannya

6. Pemeriksaan Keaslian Emas melalui Goresan 

Cara selanjutnya untuk menguji keaslian perhiasan emas adalah dengan menggoresnya pada permukaan keramik. Jika goresan yang dihasilkan memiliki warna emas atau kekuning-kuningan, kemungkinan besar perhiasan tersebut terbuat dari emas asli.

Perlu diingat, ketika menggunakan cara ini harus berhati-hati karena menggores emas dapat merusak permukaannya. Oleh karena itu, gunakan cara ini dengan bijak untuk memastikan keaslian emas.

BACA JUGA:5 Daerah Ini Penguasa Tambang Harta Karun Aspal Terbesar di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: