Iklan dempo dalam berita

Jadi Sasaran Pencurian, Ternyata Harta Karun Emas di Kalimantan Barat Ratusan Juta Ton, di Sini Lokasinya

Jadi Sasaran Pencurian, Ternyata Harta Karun Emas di Kalimantan Barat Ratusan Juta Ton, di Sini Lokasinya

Lokasi dan jumlah cadangan emas di Kalimantan Barat--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Jadi sasaran pencurian, ternyata harta karun emas di Kalimantan Barat ratusan juta ton, di sini lokasinya.

Kalimantan Barat yang berbatasan darat dengan negara bagian Sarawak, Malaysia, menonjol dengan keberadaan puluhan pulau besar dan kecil, sebagian di antaranya tidak berpenghuni, yang tersebar sepanjang Selat Karimata dan Laut Natuna yang berbatasan dengan wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

Meskipun sebagian kecil wilayahnya merupakan perairan laut, Kalimantan Barat memiliki ragam sumber daya alam yang berlimpah, termasuk dalam konteks penambangan emas.

BACA JUGA:Ini Lokasi Tambang Berlian di Kalimantan dengan Kualitas Nomor Satu di Dunia

Sejarah mencatat bahwa dinamika penambangan emas di Kalimantan Barat sudah terasa sebelum kedatangan pemerintahan Belanda. 

Masyarakat lokal telah lama mempraktikkan kegiatan mendulang butiran emas sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian keluarga. 

Emas tidak hanya memiliki nilai intrinsik dan ekonomis, tetapi juga dihargai sebagai simbol martabat seseorang dalam masyarakat. Karena itu, tak mengherankan jika kita sering melihat orang-orang menghias tubuh mereka dengan perhiasan emas, mulai dari kancing baju, penusuk sanggul, cincin, kalung, hingga bahkan gigi yang dilapisi dengan emas.

BACA JUGA:Harta Karun Emas di Kalimantan Barat Dicuri WNA China, Begini Cara Kerjanya

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Pemprov Kalbar) mengakui bahwa komoditas pertambangan emas di wilayah tersebut memiliki potensi eksplorasi yang mencapai angka yang mengesankan, yakni sebesar 541,6 juta ton. 

Potensi ini tersebar di beberapa kabupaten, antara lain Kabupaten Bengkayang, Sekadau, Sintang, Kapuas Hulu, Landak, dan Melawi.

Potensi emas ini sudah dimanfaatkan dengan memberikan izin kepada beberapa perusahaan tambang.

Meski demikian masih terbuka peluang yang luas untuk melakukan kegiatan eksplorasi maupun eksploitasi lebih lanjut terhadap komoditas emas ini.

BACA JUGA:Syarat Paylater BCA, Bisa Dapatkan Limit hingga Rp 20 Juta, Segini Besaran Bunga dan Biaya

Dalam konteks ini, eksplorasi tambang emas bukan hanya memberikan manfaat ekonomis bagi para pelaku industri, namun juga memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat lokal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: