Iklan dempo dalam berita

8 Khasiat Bunga Pandan Wangi yang Dipercayai sebagai Obat Tradisional

8 Khasiat Bunga Pandan Wangi yang Dipercayai sebagai Obat Tradisional

Khasiat bunga pandan wangi--ist

Bunga pandan wangi juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan rambut. Kandungan nutrisi dalam daun pandan dapat membantu melembapkan rambut dan membuatnya tampak lebih kuat serta terhindar dari kerontokan. Untuk mendapatkan manfaat ini, tumbuk daun pandan hingga lembut, lalu oleskan ke kulit kepala secara merata. Penggunaan rutin daun pandan dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan mencegah kerontokan.

4. Mengobati Diare

Khasiat lain dari bunga pandan wangi adalah kemampuannya dalam mengatasi diare. Ekstrak daun pandan memiliki efek antibakteri dan antimikroba yang membantu membersihkan bakteri berbahaya di dalam usus. Mengonsumsi air rebusan daun pandan efektif dalam mengatasi diare yang disebabkan oleh keracunan makanan atau infeksi bakteri.

5. Mengatasi Diabetes

Khasiat bunga pandan wangi yang tidak kalah penting adalah dalam mengatasi diabetes. Penyakit ini disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi dan jika tidak ditangani bisa menyebabkan komplikasi serius. Mengonsumsi air rebusan daun pandan dapat membantu mencegah diabetes karena ekstraknya berperan dalam meningkatkan produksi insulin pada sel pankreas, sehingga mengontrol kadar gula darah secara efektif.

BACA JUGA:Manfaat Daun Pandan Untuk Turunkan Asam Urat, Begini Cara Mengolahnya

6. Mencegah Gangguan Stres

Bunga pandan wangi juga dikenal dapat mencegah gangguan stres. Tuntutan pekerjaan dan rutinitas sehari-hari sering kali menyebabkan stres. Mengonsumsi ekstrak daun pandan yang mengandung efek penenang dapat mengurangi kecemasan dan stres, serta mencegah gangguan depresi jika dikonsumsi secara teratur.

7. Mengatasi Rasa Nyeri

Khasiat bunga pandan wangi selanjutnya adalah meredakan nyeri. Mengonsumsi air rebusan daun pandan secara rutin dapat membantu meringankan nyeri sendi. Ini berkat kandungan antioksidan flavonol dalam ekstrak daun pandan yang membantu memblokir peradangan penyebab kerusakan rawan. Selain itu, kandungan ini juga bermanfaat untuk kesehatan tulang dan membantu mencegah osteoporosis.

8. Mengatasi Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti jantung dan stroke. Salah satu cara efektif mengatasi hipertensi adalah dengan mengonsumsi air rebusan daun pandan. Minum air rebusan daun pandan wangi secara rutin sebanyak 2-3 gelas sehari dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, kandungan ekstrak daun pandan juga dapat membantu mencegah obesitas, yang merupakan faktor risiko bagi berbagai penyakit kronis lainnya.

BACA JUGA:Manfaat Mandi Air Pandan, Rutinkan Setiap Hari Bisa Turunkan Kolesterol Hingga Cegah Diabetes

Bunga daun pandan memang memiliki khasiat yang dipercayai Sebagian masyarak. Bahkan sebagian orang membudidayakan pandan wangi di halaman rumah. Berikut ini cara menanam sekaligus merawatnya:

1. Cahayati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: