Iklan dempo dalam berita

Catatan Sejarah Asal Mula Masyarakat Jawa, Katanya dari ‘Vrindavan’

Catatan Sejarah Asal Mula Masyarakat Jawa, Katanya dari ‘Vrindavan’

Asal usul masyarakat Jawa yang disebut ada kaitannya dengan India--

BACA JUGA:Viral Soal Perpisahan Sekolah, Guru Vs Nitizen, Ini Pilihan Acara Perpisahan Tanpa Harus ke Luar Kota

Selain sejarah, adapula kebudayaan yang terdapat pada Suku Jawa yang dipercaya sebagai peninggalan dari nenek moyang, antara lain:

1. Wayang Kulit

Wayang kulit sudah menjadi ikon suku Jawa. Pertunjukan wayang kulit dilakukan selama semalam suntuk, wayang kulit juga dimainkan dengan cerita khas suku jawa seperti Mahabharata atau Ramayana.

Sebagai pelengkap pertunjukan wayang kulit dimainkan oleh dalang dan diiringi dengan musik gamelan khas jawa serta nyanyian dari sinden ditambah dengan lampu sorot. 

Wayang kulit juga dipercaya sebagai ciptaan dan disebarluaskan oleh Wali Songo. Wali Songo adalah tokoh ulama yang menyebar Islam di pulau Jawa. Wali Songo memerlukan media dakwah yang dapat menjangkau seluruh kalangan.

BACA JUGA:BRI Buka Lowongan Kerja, Bisa untuk Lulusan SMA dan Fresh Graduate, Ini Persyaratannya

2. Senjata Tradisional

Suku Jawa dikenal juga dengan senjatanya yang memiliki berbagai makna dan bentuk yang unik. Salah satu senjata khas Jawa yaitu keris. Keris merupakan alat pusaka yang sangat penting yang juga dipercaya memiliki kesaktian. Keris dibuat oleh para Mpu yang ditempa serta diberi mantra-mantra.

Salah satu keris yang melegenda ialah keris Mpu Gandring dalam cerita Ken Arok karena mampu menjadikannya sebagai penguasa kerajaan Singasari.

3. Tarian Tradisional

Beberapa tarian Jawa yang cukup populer hingga saat ini seperti sintren, bedhaya, kuda lumping, dan reog memiliki gerakan yang beraneka ragam dari mulai yang lemah-gemulai hingga cepat. 

Tarian tersebut biasa dimainkan saat ada upacara adat atau kegiatan lain seperti penyambutan tamu.

BACA JUGA:Insentif Prakerja Gelombang 67 Rp700 Ribu Cair ke Saldo DANA, Cek Jadwal Prakerja Gelombang 68 Kapan Dibuka

4. Alat Musik Tradisional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: