Iklan dempo dalam berita

Ini Jenis Batu Akik yang Banyak Diburu Kolektor, Jangan Kaget Liat Harganya

Ini Jenis Batu Akik yang Banyak Diburu Kolektor, Jangan Kaget Liat Harganya

Jenis batu akik yang banyak diburu kolektor--

Selaras dengan hukum permintaan dan penawaran. Banyak tambang batu bacan yang kian menipis, sedangkan permintaan di pasar menanjak.

BACA JUGA:Rp 50 Juta Langsung Cair ke Rekening, Ini Rekomendasi Pinjol Resmi OJK Berikan Limit Tinggi di Awal Pinjaman

3. Batu Akik Safir (Sapphire)
Dikutip dari beberapa sumber, salah satu batu akik termahal adalah batu safir. Batu safir juga banyak peminatnya dan sering dicari kolektor batu di seluruh dunia.

Warna batu safir ada warna safir hitam, safir kuning, safir putih, hingga safir biru. Batu safir memang layak dikatakan sebagai permata batu akik termahal. Harga untuk jenis ceylon blue sapphire dipatok cukup tinggi, apalagi yang diikat dengan logam mulia.

Harganya bisa tembus mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah. Faktor kelangkaan dan keindahan merupakan alasan yang membuat harga batu safir semakin mahal.

Sejauh ini belum ada penentuan baku untuk harga batu safir. Namun, batu safir Rusia menjadi termahal yang harganya bisa mencapai Rp 50 juta bahkan bisa lebih.

BACA JUGA:Anti Gagal! Ini Resep Ramuan Cinta Promil Ala Dokter Zaidul Akbar, Bisa Dicoba

4. Batu Akik Ruby

Batu ruby dikenal juga dengan sebutan batu akik merah delima. Batu akik jenis ini harganya bisa dibanderol mulai dari Rp 500 ribu hingga puluhan juta rupiah.

Sebenarnya, batu ruby masih termasuk satu keluarga dengan safir. Tingkat warna merah merupakan salah satu faktor dominan yang menentukan batu ini. Batu akik ruby dengan warna merah yang pekat dan jelas disebut dengan blood red.

Tapi, kita perlu berhati-hati jika ingin membeli batu ini. Pasalnya,batu ruby sintetis banyak beredar di pasaran. Perhatikan serat-serat batunya, karena batu ruby yang asli akan terlihat seperti ada sidik jari dan jarum-jarum. Sementara, batu sintetis lebih mirip seperti ada pola sarang laba-laba dan gelembung udara.

BACA JUGA:PPDB Bengkulu 2024 Dimulai 19 Juni, Syarat KK Jalur Zonasi Wajib Seperti Ini Sesuai SK Kemendikbud

5. Batu Akik Giok

Batu akik giok terkenal karena memiliki keindahan dan ciri khas dari warna hijaunya. Sehingga tak heran, jika batu ini sering dijadikan mata cincin, kalung, hingga liontin.

Bongkahan batu giok hijau bisa dihargai sekitar ratusan hingga jutaan rupiah. Harga batu giok akan semakin mahal, jika sudah muncul kemilaunya, dan berdasarkan kekerasan batu bisa menjadi penentu harga jual batu ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: