Iklan dempo dalam berita

Mendengkur Saat Tidur Sangat Mengganggu, Kenali 7 Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Mendengkur Saat Tidur Sangat Mengganggu, Kenali 7 Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Mendengkur Saat Tidur Sangat Mengganggu, Kenali 7 Penyebab dan Cara Menghilangkannya--Foto: ist

Rhinitis alergi dapat menyebabkan hidung tersumbat sehingga jalan napas menjadi terhalang, lalu menghasilkan suara dengkuran yang keras.

5. Polip hidung

Polip pada hidung dapat menghalangi saluran pernapasan, sehingga polip hidung juga dapat menjadi penyebab seseorang mendengkur keras ketika tidur.

6. Obesitas

Terdapat sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa seseorang dengan berat badan berlebih atau obesitas lebih berisiko mendengkur saat tidur. Hal ini disebabkan karena kelebihan berat badan mampu memberikan tekanan pada daerah tenggorokan ketika tidur dan memicu suara dengkuran.

BACA JUGA:Waspadai! Ini Akibat Memakai Headset saat Tidur, Salah Satunya Risiko Cedera Telinga

7. Memiliki kelainan bentuk tulang hidung

Selain beberapa penyakit yang telah disebutkan, mendengkur ketika tidur juga dapat disebabkan oleh kelainan bentuk tulang hidung. Hal ini disebabkan aliran udara yang masuk ke hidung terhalang karena tulang hidung tidak berada pada tempat yang seharusnya atau memiliki bentuk lain dari yang biasanya (bengkok).

Di sisi lain, mendengkur atau “ngorok” ketika tidur yang terjadi karena mengalami penyakit tertentu juga mampu meningkatkan risiko penderitanya mengalami perubahan suasana hati, kadar oksigen dalam darah menurun, hingga penyakit kronis seperti hipertensi, diabetes tipe 2 bahkan penyakit jantung.

Memang, mendengkur ketika tidur terkesan sepele. Akan tetapi bila mendengkur terjadi selama terus-menerus setiap tidur juga dapat membahayakan kesehatan apalagi hingga mengalami pernapasan yang terhenti selama beberapa saat. Segera lakukan konsultasi kesehatan agar dapat segera diketahui penyebabnya, serta mendapatkan penanganan dan solusi yang tepat dari dokter. 

BACA JUGA:Ini Arti Mimpi Ketemu Presiden atau Raja Zaman Dahulu, Bukan hanya Sekadar Bunga Tidur!

Cara Efektif Agar Suara Ngorok Hilang

Tidur ngorok ternyata dapat diatasi dengan mudah. Agar saat tidur tidak mengganggu sekitar Anda, yuk ikuti 9 cara menghilangkan ngorok berikut ini.

1. Tidur dengan posisi miring

Anda perlu tahu jika tidur dengan posisi telentang menyebabkan lidah bergerak ke bagian belakang tenggorokan, yang sebagiannya akan menghalangi aliran udara melalui tenggorokan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: