Iklan dempo dalam berita

Mendengkur Saat Tidur Sangat Mengganggu, Kenali 7 Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Mendengkur Saat Tidur Sangat Mengganggu, Kenali 7 Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Mendengkur Saat Tidur Sangat Mengganggu, Kenali 7 Penyebab dan Cara Menghilangkannya--Foto: ist

Oleh karena itu, Anda direkomendasikan untuk tidur dengan posisi miring untuk mencegah ngorok. Dengan posisi ini, udara akan mengalir dengan mudah saat tidur yang dapat mengurangi suara dengkuran. 

BACA JUGA:Tidur Jadi Lebih Nyaman! Kamu Bisa Coba 5 Posisi Tidur Ini untuk Mengurangi Nyeri Haid

2. Tidur cukup

American Academy of Sleep Medicine and Sleep Research Society merekomendasikan Anda untuk tidur cukup dengan durasi 7-9 jam sehari bagi orang dewasa. 

Kurang tidur menyebabkan Anda mendengkur lebih kencang dan sering. Hal tersebut dikarenakan kondisi otot-otot tenggorokan yang membuat pernapasan Anda terhambat. 

3. Tidur dengan posisi kepala sedikit terangkat 

Tidur dengan posisi kepala yang sedikit terangkat dapat mengurangi dan mencegah ngorok agar saluran udara tetap terbuka. Anda bisa menggunakan bantal dengan ketinggian yang dapat disesuaikan untuk mengurangi ngorok ini. 

BACA JUGA:Sunnah Rasullulah SAW! Ini Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan

4. Menggunakan nasal strip 

Nasal strip adalah salah satu alat yang bisa Anda gunakan untuk mencegah ngorok. Anda tempatkan nasal strip ke pangkal hidung untuk menambah ruang untuk udara masuk.

Ada dua jenis nasal strip yang bisa Anda coba, yaitu internal dan eksternal. Keduanya sama-sama efektif mengurangi dengkuran sesuai kenyamanan Anda. 

5. Hindari konsumsi alkohol dan obat penenang sebelum tidur

Selain mengganggu kualitasnya, mengkonsumsi alkohol dan obat penenang sebelum tidur menyebabkan ngorok yang cukup sering. Alkohol membuat otot-otot tenggorokan menjadi kendur. 

Berdasarkan studi oleh Annie Britton yang dimuat Healthline pada tahun 2020, meminum alkohol sebelum tidur berpengaruh pada fase REM (Rapid eye movement) yang lebih pendek. REM sendiri adalah fase tidur dimana terjadi pembentukan memori dan mimpi. 

BACA JUGA:Konsumsi Terong Hijau Mentah Sebelum Tidur, Ini 5 Khasiatnya Bagi Tubuh, Jangan Kaget!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: