Iklan dempo dalam berita

Mendengkur Saat Tidur Sangat Mengganggu, Kenali 7 Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Mendengkur Saat Tidur Sangat Mengganggu, Kenali 7 Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Mendengkur Saat Tidur Sangat Mengganggu, Kenali 7 Penyebab dan Cara Menghilangkannya--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMmendengkur saat tidur sangat mengganggu, kenali penyebab dan cara menghilangkannya.

Mendengkur atau lebih akrab disebut ”ngorok” saat tidur, umumnya disebabkan karena kelelahan. Akan tetapi, penyebab mendengkur saat tidur juga dapat disebabkan oleh beberapa gangguan kesehatan tertentu yang sebenarnya membutuhkan penanganan medis.

Sejatinya, mendengkur terjadi saat aliran udara yang masuk ke saluran pernapasan terhalang, sehingga udara yang masuk ke saluran pernapasan akan bersinggungan dengan jaringan yang ada di mulut, hidung atau tenggorokan. Kondisi inilah yang menyebabkan timbulnya getaran dan suara dengkuran.

BACA JUGA:Resep Prof. Hembing, Cukup Gunakan Dua Bahan Alami Ini untuk Mengatasi Ngorok atau Mendengkur

Mendengkur adalah hal yang wajar dan umum terjadi, namun seseorang perlu tetap mewaspadai bila selalu mendengkur setiap tidur, suara dengkur yang terlalu keras hingga disertai pernapasan yang terhenti sesaat ketika tidur. Karena kondisi ini dapat menjadi pertanda terjadinya gangguan kesehatan. Beberapa gangguan kesehatan yang dapat menjadi penyebab mendengkur antara lain:

1. Sinusitis

Sinusitis mampu menyumbat pernapasan juga dapat menyebabkan seseorang bernapas melalui mulut ketika tidur, sehingga penderita sinusitis kerap mendengkur ketika tidur.

BACA JUGA:Bahaya, Tidur Ngorok atau Mendengkur Meningkatkan Risiko Kematian, Ini Cara Mengatasinya

2. Sleep apnea

Sleep apnea dapat menyebabkan adanya perubahan ritme pernapasan, suara mendengkur yang begitu keras hingga pernapasan yang berhenti sesaat ketika tidur. Bila kondisi ini tidak mendapatkan penanganan yang tepat, dapat berpotensi meningkatkan risiko mengalami serangan jantung hingga stroke.

3. Pembengkakan amandel

Pembengkakan amandel atau kelenjar tiroid merupakan kondisi yang terjadi di tenggorokan, sehingga udara yang masuk ke saluran pernapasan akan terhalang dan memicu adanya getaran di saluran pernapasan juga suara dengkuran ketika tidur. Jadi, pembengkakan amandel atau kelenjar tiroid juga dapat menjadi salah satu penyebab tidur mendengkur.

BACA JUGA:Hilangkan Suara Ngorok Saat Tidur, Ini 9 Cara Efektif Agar Suara Ngorok Hilang

4. Rhinitis alergi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: