Iklan dempo dalam berita

Intip Rincian Biaya Pembuatan SIM A 2024, Lengkap dengan Tips agar Lolos Tanpa Calo

Intip Rincian Biaya Pembuatan SIM A 2024, Lengkap dengan Tips agar Lolos Tanpa Calo

Rincian Biaya Pembuatan SIM A 2024--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMSIM merupakan syarat utama yang sangat penting dimiliki, terkhusus pengendara mobil Anda diharuskan punya SIM A sebagai syarat resmi yang wajib dimiliki semua pengemudi mobil pribadi yang mau berkendara di jalan raya. Intip rincian biaya pembuatan SIM A 2024, lengkap dengan tips agar lolos tanpa calo.

BACA JUGA:Mulai Berlaku Juni 2024, Benarkah Peraturan Baru Shopee Paylater akan Merugikan Nasabah?

Untuk proses pembuatan SIM A  memiliki sejumlah syarat, diantaranya harus berusia di atas 17 tahun, sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, serta telah lulus pendidikan di SMP atau yang sederajat.  

BACA JUGA:Surga Pulau Enggano, Menikmati Keindahan Danau Biru Bak Blaw, Asri dan Jernih

Sedangkan untuk memiliki SIM A, Anda harus merogoh kocek untuk mendapatnya. Biaya pembuatan SIM A diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 76 tentang Jenis dan Tarif Jenis Penerimaan Bukan Pajak. Di mana tiap tahunnya, ada kemungkinan perbedaan biaya pembuatan maupun perpanjangan SIM.  

BACA JUGA:Pinjaman Bank Mega Tanpa Jaminan, Bisa Ajukan Rp 10-150 Juta, Syarat Usia Pemohon Maksimal 55 Tahun

Lalu, berapa rincian biaya pembuataan SIM A untuk tahun 2024?

- Biaya Mengurus SIM A Baru  

Dalam aturan mengenai biaya pembuatan SIM, biaya mengurus SIM A baru yang mesti disiapkan sebesar Rp 120.000. Namun, biaya tersebut belum ditambah sejumlah biaya lain terkait.  

Biaya tambahan dalam pembuatan SIM baru antara lain, administrasi, pemeriksaan kesehatan fisik, pemeriksaan psikologi, serta asuransi.  

BACA JUGA:Apakah Mobil Supercar Bisa Jadi Investasi? Bisa Dong! Bisa Menjadi Investasi Menjanjikan, Begini Caranya

Biaya administrasi dalam pembuatan SIM hanya Rp 5.000. Sementara itu, pemeriksaan kesehatan fisik dan pemeriksaaan psikologi dikenakan biaya masing-masing Rp 25.000 dan Rp 60.000. Ada juga biaya asuransi yang mesti dibayarkan sebesar Rp 30.000. Jadi, total biaya mengurus SIM A baru sekitar Rp 240.000.  

BACA JUGA:Tabel Angsuran KUR BRI 2024 Rp300 Juta, Syarat Lengkap, Cara Pinjam 3 Jenis KUR BRI

- Biaya Perpanjang SIM A 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: