Iklan dempo dalam berita

Penting! Ini Cara Menghemat Listrik di Rumah, Biar Tagihan Listrik Ngga Melonjak

Penting! Ini Cara Menghemat Listrik di Rumah, Biar Tagihan Listrik Ngga Melonjak

Cara menghemat pemakaian listrik di rumah--

3. Mengoptimalkan Penggunaan Pencahayaan

Pencahayaan sering menjadi salah satu sumber konsumsi listrik terbesar di rumah. Untuk menghemat energi, ganti lampu pijar konvensional dengan lampu LED atau lampu hemat energi lainnya. 

BACA JUGA:Intip Rincian Biaya Pembuatan SIM A 2024, Lengkap dengan Tips agar Lolos Tanpa Calo

Lampu LED tidak hanya mengonsumsi lebih sedikit listrik, tetapi juga memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan lampu pijar. Selain itu, manfaatkan cahaya alami sebanyak mungkin dengan membuka tirai dan jendela pada siang hari.

4. Mengatur Suhu dengan Bijak

Penggunaan alat pemanas dan pendingin udara dapat menyedot banyak energi. Untuk menghemat listrik, atur suhu termostat pada tingkat yang nyaman tetapi tidak berlebihan. 

Pada musim panas, gunakan kipas angin dan jaga agar suhu AC tidak terlalu rendah. Sebaliknya, pada musim dingin, kenakan pakaian hangat dan atur pemanas pada suhu yang tidak terlalu tinggi. 

Memasang pengatur waktu (timer) pada AC dan pemanas juga dapat membantu mengontrol penggunaan energi.

BACA JUGA:Intip Rincian Biaya Pembuatan SIM A 2024, Lengkap dengan Tips agar Lolos Tanpa Calo

5. Menggunakan Alat Pengatur Energi

Alat pengatur energi, seperti power strip pintar, dapat membantu mengurangi konsumsi listrik. Power strip pintar dapat mematikan listrik ke peralatan yang tidak digunakan atau dalam mode standby. 

Beberapa model bahkan bisa dikendalikan melalui aplikasi smartphone, memungkinkan Anda untuk mengatur penggunaan listrik dari jarak jauh.

6. Mengoptimalkan Penggunaan Mesin Cuci dan Pengering

Mesin cuci dan pengering adalah perangkat yang menggunakan banyak listrik. Untuk menghemat, gunakan mesin cuci hanya dengan muatan penuh dan pilih siklus pencucian yang sesuai dengan jenis pakaian.

BACA JUGA:Mulai Berlaku Juni 2024, Benarkah Peraturan Baru Shopee Paylater akan Merugikan Nasabah?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: