Iklan dempo dalam berita

Penyebab La Nina yang Bakal Hantam Indonesia, Ini Prediksi Terjadinya Menurut BMKG

Penyebab La Nina yang Bakal Hantam Indonesia, Ini Prediksi Terjadinya Menurut BMKG

Penyebab La Nina di Indonesia--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMPenyebab La Nina yang bakal hantam Indonesia, ini prediksi terjadinya menurut BMKG.

La Nina sendiri merupakan fenomena alam yang menyebabkan udara terasa lebih dingin sehingga mengalami peningkatan curah hujan.

BACA JUGA:5 Kasus Besar yang Pernah Ditangani Jampidsus, Kerugian Negara Mencapai Triliunan Rupiah

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan El Nino akan segera menuju masa netral. Nantinya fenomena itu akan digantikan dengan La Nina.

"El Nino diprediksi akan segera menuju netral pada periode Mei, Juni, Juli 2024," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers virtual.

La Nina diperkirakan akan muncul mulai Juli 2024. Nantinya akan melemah setelah triwulan ketiga pada Juli hingga September mendatang.

BACA JUGA:ITEL RS4 NFC Hp Gaming Murah Rasa Kelas Atas, Usung RAM hingga 12 GB!

La Nina biasanya terjadi setelah periode El Nino berakhir. Pada periode La Nina, angin pasat akan mendorong air hangat dari Timur ke Barat, sehingga menyebabkan penumpukan air hangat di wilayah Barat.

La Nina terjadi disebabkan ketika SST di Samudera Pasifik tengah dan timur mengalami penurunan suhu di bawah kondisi normalnya.

BACA JUGA:Surat Istimewa, Baca 17 kali Sehari, InsyaAllah Rezeki Lancar dan Hajat Dimudahkan

Beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya La Nina adalah sebagai berikut:

1. Penurunan Suhu Permukaan Laut atau Sea Surface Temperature (SST) Penurunan suhu SST di Samudera Pasifik tengah dan timur mempengaruhi pola aliran angin dan mengubah kondisi atmosfer global. Hal ini mengakibatkan terjadinya La Nina dan dampaknya terhadap iklim global.

2. Perubahan Arus Samudera Arus samudera juga memainkan peran penting dalam terjadinya La Nina. Perubahan suhu SST menyebabkan perubahan tekanan atmosfer, yang pada gilirannya mempengaruhi arus samudera dan memicu La Nina.

BACA JUGA:El Nino Sebentar Lagi Berganti La Nina, Ini Wilayah yang Terdampak La Nina

Terjadinya La Nina sulit diprediksi, terjadinya La Nina sampai enam sampai tujuh tahun sekali. La Nina terjadi melalui beberapa tahapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: