Iklan dempo dalam berita

Menengok Asal Usul Bengkulu, Punya Bunga Tunggal Terbesar di Dunia hingga Tradisi Opoi Malem Likua

Menengok Asal Usul Bengkulu, Punya  Bunga Tunggal Terbesar di Dunia hingga Tradisi Opoi Malem Likua

Menengok Asal Usul Bengkulu--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Menengok asal usul Bengkulu, punya bunga tunggal terbesar di dunia hingga tradisi Opoi Malem Likua.

Bengkulu, dalam bahasa Belanda disebut dengan Benkoelen atau Bengkulen. Dalam bahasa Inggris disebut Bencoolen, sedangkan dalam bahasa melayu disebut Bangkahulu.

BACA JUGA:Modal Tidak Terlalu Besar dan Cepat Balik, Ini Perhitungan Kembali Modal Buka Gerai Indomaret

Ada banyak cerita tentang asal usul dan nama Bengkulu. Ada yang menyebut nama Bengkulu berasal dari bahasa melayu, dengan kata bang berarti "pesisir" dan kulon yang berarti "barat". Pergeseran pengucapan bang berubah menjadi ben dan kulon menjadi kulu.

Sumber tradisional menyebutkan bahwa Bengkulu atau Bangkahulu berasal dari Bangkai dan Hulu, maksudnya bangkai di hulu.

Konon cerita, dulu pernah terjadi perang antara kerajaan-kerajaan yang ada di Bengkulu. Dari pertempuran tersebut banyak menimbulkan korban dari kedua belah pihak di hulu sungai Bengkulu.

BACA JUGA:Digelar Setiap 4 Tahun, Ini Daftar Negara yang Paling Banyak Menjuarai Piala Dunia dari Masa ke Masa

Korban-korban inilah yang menjadi bangkai tak terkuburkan di hulu sungai tersebut. Bangkai yang lama-kelamaan berubah pengucapan menjadi Bangkahlu atau Bengkulu.

Dari banyak cerita asal usul Bengkulu, ada cerita yang banyak dikenal masyarakat Bengkulu, yaitu diambil kisah perang melawan orang Aceh yang datang hendak melamar Putri Gading Cempaka, anak Ratu Agung Sungai Serut.

Dalam cerita itu disebutkan, lamaran ditolak sehingga menimbulkan perang. Anak Dalam, saudara kandung Putri Gading Cempaka yang menggantikan Ratu Agung sebagai Raja Sungai Serut berteriak "Empang ka Hulu".

BACA JUGA:Modal Tidak Terlalu Besar dan Cepat Balik, Ini Perhitungan Kembali Modal Buka Gerai Indomaret

Artinya, hadang mereka dan jangan biarkan mereka menginjakkan kakinya ke tanah kita. Dari kata-kata itu maka lahirlah kata Bangkahulu atau Bengkulu.

Sementara itu, Bengkulu menjadi provinsi berdasarkan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1967 jo Peraturan Pemerintah tentang Pembentukan Provinsi, menetapkan Kota Bengkulu sebagai Ibu Kota Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Ini Asal-usul 11 Pemain Keturunan Indonesia Era Shin Tae-Yong, Ada Siapa saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: