Iklan dempo dalam berita

Jemo Lintang Harus Tahu, Seperti Ini Asal Usul Nama dan Sejarah Lintang

Jemo Lintang Harus Tahu, Seperti Ini Asal Usul Nama dan Sejarah Lintang

Asal usul nama dan sejarah Lintang--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Jemo Lintang harus tahu, seperti ini asal usul nama dan sejarah Lintang.

Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman budaya, suku, dan bahasa. Dari banyaknya 5 Suku Asli Sumatera Selatan yang cukup menonjol dan dikenal di Provinsi yang ada di Pulau Sumatera adalah Suku Lintang.

Suku Lintang memiliki sejarah dan kehidupan yang kaya, yang menjadi bagian penting dari identitas budaya Indonesia.

Lintang merupakan satu kelompok sosial yang berdiam di sekitar Sungai Lintang, yaitu Sungai Lintang Kiri dan Sungai Lintang Kanan, di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Nama daerah Lintang diberikan karena Sungai Lintang terletak melintang di alur Sungai Musi.

BACA JUGA:Bukan Mimpi, Begini Cara Mudah Magang ke Jepang Jalur Pemerintah 2024, Dibutuhkan 750 Ribu Tenaga Kerja

Penduduk setempat menyebut diri mereka jemo Lintang, yang artinya "orang Lintang". Menurut cerita rakyat, nenek moyang orang Lintang yang pertama kali membangun dusun di daerah tersebut berasa dari luar dan masuk ke daerah tersebut melalui Sungai Musi.

Maka, Suku Lintang ini banyak ditemui di daerah pegunungan Bukit Barisan yang ada di tengah-tengah pulau Sumatera yang membentang dari Ujung Aceh sampai Ujung provinsi Lampung. 

Kawasan pegunungan Bukit Barisan di Sumatera Selatan merupakan tempat tinggal suku Lintang, diapit oleh suku Pasemah dan Rejang. 

BACA JUGA:Tabel Kredit Pensiunan BRI Rp 50-100 Juta, Tenor 120 Bulan, Syarat Usia Minimal 21 Tahun

Dikutip dari Adat Nusantara, berikut ini sejarah asal usul suku Lintang:

Ciri khas suku Lintang merupakan kekayaan budaya yang tak kalah unik dan menarik untuk dikenali masyarakat Indonesia.

Daerah kediaman mereka disebut wilayah Lintang Empat Lawang, yang meliputi empat kecamatan, yaitu Kecamatan Ulu Musi dengan ibu kotanya Padang Tepong, Kecamatan Pendopo dengan ibu kotanya Pendopo, Kecamatan Muara Inang dengan ibu kotanya Muara Pinang, dan Kecamatan Tebing Tinggi dengan ibu kotanya Tebing Tinggi. 

Nama Lintang Empat Lawang muncul dengan adanya keyakinan masyarakat bahwa mereka diturunkan oleh nenek moyang yang berasal dari empat lawangan (pahlawan) dari dusun yang berbeda-beda, yaitu: 

BACA JUGA:Ngaku Orang Bengkulu, Sudah Tahu Suku Lembak? Yuk Kenali Asal Usul Populasi Kelompok Etnik Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: