Iklan dempo dalam berita

Apa yang Harus Dilakukan jika Rekening Bank Dibobol? Jangan Takut, Ini Saran Jubir OJK

Apa yang Harus Dilakukan jika Rekening Bank Dibobol? Jangan Takut, Ini Saran Jubir OJK

Apa yang harus dilakukan jika rekening bank dibobol?--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Apa yang harus dilakukan jika rekening bank dibobol? Jangan takut, ini saran Jubir OJK.

Pernah mendengar ada tabungan nasabah yang dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab? Uang ratusan juta milik nasabah langsung terkuras habis setelah dibobol.

Iya, masalah seperti ini tidak hanya satu kali atau dua kali terjadi terhadap nasabah. Hal ini tentu sangat merugikan untuk nasabah. Lantas, apa yang harus dilakukan nasabah saat mengetahui ada indikasi uang tabungan dibobol?

BACA JUGA:Untung Besar Modal Minim, Ini 9 Rekomendasi Usaha Modal Rp 1 Juta dan Kiat Suksesnya

Juru Bicara Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Sekar Putih Djarot, menyarankan bagi nasabah yang menglami kerugian semacam ini untuk langsung menghubungi Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) saat pertama kali merasa ada yang tidak beres dengan tabungannya.

Sekar mengungkapkan ada berbagai kemungkinan uang di tabungan hilang, mulai dari kelengahan bank hingga penipuan. Ia menegaskan, nasabah tidak perlu ragu melapor ke pihak kepolisian kalau ada unsur pidana.

Sekar menegaskan, layanan kontak bank yang digunakan harus segera dihubungi. Kalau kebetulan tidak tahu nomornya, ia mengatakan nasabah bisa mengunjungi atau mencarinya di website resmi bank. Di OJK juga ada layanan pengaduan.

BACA JUGA:Begini Penjelasan dan Hukum Istri Mengambil Uang Suami yang Pelit, Apakah Diperbolehkan?

Tak hanya itu, OJK pun meminta nasabah menjaga data pribadinya dengan baik. Para nasabah jangan sembarangan memberikan password ke orang lain, termasuk ke pegawai bank.

Untuk diketahui, sebenarnya pemilik rekening bisa merasakan bahwa data miliknya sudah dicuri orang. Agar kamu lebih waspada, berikut sejumlah ciri-ciri rekening dibobol yang perlu diketahui:

1. Muncul Biaya yang Tidak Sah pada Akunmu

Indikator penting untuk mengetahui apakah rekening dibobol atau tidak, yakni adanya biaya yang tidah sah dengan asal-usul yang tidak jelas. Pastikan lagi, seberapa seringkah kamu memeriksa rekening bank? 

Pencurian identitas dimulai dari menguji account dengan pembelian kecil untuk melihat apakah kartu telah dilaporkan dicuri.

BACA JUGA:Ini Alasan Istri Boleh Menceraikan Suami Menurut Islam, Ingat! Istri Punya Hak untuk Mengakhiri Pernikahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: