Iklan dempo dalam berita

Ini Alasan Istri Boleh Menceraikan Suami Menurut Islam, Ingat! Istri Punya Hak untuk Mengakhiri Pernikahan

Ini Alasan Istri Boleh Menceraikan Suami Menurut Islam, Ingat! Istri Punya Hak untuk Mengakhiri Pernikahan

Alasan yang membuat seorang istri boleh menceraikan suami--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ini alasan istri boleh menceraikan suami menurut Islam, Ingat! istri punya hak untuk mengakhiri pernikahan.

Pernikahan adalah ikatan suci yang diharapkan dapat membawa kebahagiaan dan ketentraman bagi pasangan. 

Namun, tidak jarang konflik dan ketidakcocokan membuat rumah tangga menjadi tidak harmonis. 

Dalam situasi tertentu, perceraian menjadi solusi yang dibolehkan dalam Islam meskipun hal tersebut merupakan sesuatu yang dibenci oleh Allah SWT. 

BACA JUGA:Butuh Tambahan Modal? Begini Cara Top Up Pinjaman KUR BRI 2024, Syarat Minimal Pinjaman Jalan 6 Bulan

Dikutip dari buku Bulughul Maram & Dalil-Dalil Hukum: Panduan Hidup Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW dalam Ibadah, Muamalah, dan Akhlak oleh Ibnu Hajar, dijelaskan bahwa perceraian memang sebuah perkara yang halal, namun Allah SWT sangat membencinya.

Berikut ini adalah penjelasan tentang alasan-alasan yang membolehkan istri meminta cerai menurut ajaran Islam, serta beberapa ketentuan yang mendasarinya.

1. Perceraian dalam Perspektif Islam

Perceraian dalam Islam dikenal sebagai salah satu perbuatan halal yang paling dibenci oleh Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda:

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ أَبْغَضُ الْحَلَالِ عِنْدَ اللَّهِ الطَّلَاقُ. رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ وَابْنُ مَاجَهِ وَصَحَّحَهُ الْحَاكِمُ وَرَبَّحَ أَبُو حَاتِمٍ إِرْسَالَهُ

"Dari Ibnu Umar radhiyallaahu 'anhuma bahwa Rasulullah saw. bersabda, 'Perbuatan halal yang paling dibenci Allah ialah cerai.' (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah. Hadits ini shahih menurut al-Hakim. Abu Hatim menilainya hadits mursal)."

BACA JUGA:Kejahatan Semakin Menggila, Ini 4 Ciri Rekening Bank Dibobol dan 7 Cara Menghindarinya

Cerai seharusnya menjadi jalan terakhir setelah segala usaha untuk memperbaiki hubungan telah dilakukan. Namun, dalam beberapa keadaan, perceraian bisa menjadi suatu keharusan demi kebaikan bersama.

2. Talak Khulu: Perceraian atas Permintaan Istri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: