Iklan dempo dalam berita

Ini Alasan Istri Boleh Menceraikan Suami Menurut Islam, Ingat! Istri Punya Hak untuk Mengakhiri Pernikahan

Ini Alasan Istri Boleh Menceraikan Suami Menurut Islam, Ingat! Istri Punya Hak untuk Mengakhiri Pernikahan

Alasan yang membuat seorang istri boleh menceraikan suami--

5. Peran Hakim dalam Menyelesaikan Konflik

Menurut ulama mazhab Syafi'i, jika istri mengalami kekerasan atau perselisihan yang parah dengan suami, hakim harus menasihati suami agar mengubah sikapnya.

Jika suami tidak berubah, hakim dapat mengambil langkah-langkah seperti menghukum suami atau menunjuk juru damai dari kedua belah pihak untuk menyelesaikan konflik. (ARAB BELUM RAPIH)Firman Allah dalam QS. An-Nisa' ayat 35 menyebutkan:

"وَإِنْ خِفْتُمْ شِقَاقَ بَيْنِهِمَا فَابْعَثُوا حَكَمًا مِنْ أَهْلِهِ وَحَكَمًا مِنْ أَهْلِهَا إِنْ يُرِيدَا إِصْلَاحًا يُوَفِّقِ اللَّهُ بَيْنَهُمَا إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيمًا خَبِيرًا"

"Dan jika kamu khawatir terjadi persengketaan antara keduanya (suami dan istri), maka kirimlah seorang juru damai dari keluarga laki-laki dan seorang juru damai dari keluarga perempuan. Jika keduanya (juru damai tersebut) bermaksud mengadakan perdamaian, niscaya Allah memberi petunjuk kepada keduanya (suami dan istri). Sungguh Allah Maha Mengetahui Maha Teliti."

BACA JUGA:Hukumnya Wajib! Ini Cara Menafkahi Anak Setelah Bercerai serta Jumlahnya

Di Indonesia,  ketentuan-ketentuan ini diatur dalam Pasal 39 UU No. 1/1974 jo. Pasal 19 Peraturan Pemerintah Nomor 9 tahun 1975 serta Kompilasi Hukum Islam.

Ketentuan ini mengatur bahwa jika terjadi perselisihan dan tidak ada harapan untuk hidup rukun kembali, maka perceraian dapat dilakukan.

Perceraian dalam Islam adalah jalan terakhir yang diambil ketika semua upaya untuk mempertahankan pernikahan telah gagal. Meskipun dibenci oleh Allah SWT, perceraian diperbolehkan dalam kondisi tertentu demi kebaikan kedua belah pihak. 

Islam memberikan hak kepada istri untuk meminta cerai jika terdapat alasan yang sah seperti kekerasan, ketidakmampuan suami menafkahi, ketidakbahagiaan, atau masalah keagamaan. 

BACA JUGA:Bagaimana Posisi Tuas Transmisi Mobil Matic yang Tepat saat Lampu Merah? Ras Terkuat di Bumi Wajib Paham

Proses perceraian harus mengikuti mekanisme yang diatur dalam syariat Islam dan hukum yang berlaku di negara masing-masing untuk memastikan keadilan bagi semua pihak yang terlibat.

Demikian ulasan alasan istri boleh menceraikan suaminya menurut Islam.

 

(Sheila Silvina)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: