Iklan dempo dalam berita

Bagaimana Posisi Tuas Transmisi Mobil Matic yang Tepat saat Lampu Merah? Ras Terkuat di Bumi Wajib Paham

Bagaimana Posisi Tuas Transmisi Mobil Matic yang Tepat saat Lampu Merah? Ras Terkuat di Bumi Wajib Paham

Posisi tuas transmisi mobil matic saat berhenti lampu merah--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Bagaimana posisi tuas transmisi mobil matic yang tepat saat lampu merah? Ras terkuat di bumi wajib paham.

Masih banyak yang bertanya-tanya ketika mobil matik di lampu merah atau kemacetan, apakah posisi tuas transmisi tetap di D dengan menginjak pedal rem atau harus ke N malah ke P? Untuk menjawab pertanyaan ini, simak artikel berikut.

Perlu diketahui fungsi tuas mobil matic yaitu memberikan kemudahan kepada AutoFamily untuk mengatur perpindahan gigi tanpa perlu menggunakan kopling secara manual, seperti pada mobil dengan transmisi manual.

BACA JUGA:Kurban Satu Ekor Sapi Untuk 7 Orang di Dalam Keluarga, Bolehkah? Ini Penjelasan UAH

Menurut laman Daihatsu Indonesia, ketika berhenti di lampu merah, sebaiknya posisi tuas transmisi mobil diletakkan di ‘N’. Hal ini disarankan untuk menghindari beban kerja yang berlebihan pada mesin. 

Jika mobil berhenti dengan posisi tuas transmisi di ‘D’, maka tenaga dari gearbox ke roda tetap tersalurkan, namun tertahan oleh rem. Hal ini menyebabkan tenaga mesin meningkat, yang pada gilirannya menghasilkan getaran yang kuat.

Getaran yang kuat ini memaksa engine mounting bekerja lebih keras untuk menahan getaran mesin. Jika kondisi ini terus berlanjut, usia komponen tersebut bisa menjadi lebih pendek, sehingga memerlukan penggantian lebih cepat dan biaya perbaikan yang lebih besar.

BACA JUGA:Sah dan Diperbolehkan, Ini Hukum Islam tentang Kurban Sapi Patungan 7 Orang Serta Dalilnya

Selain itu, ada alasan keselamatan yang perlu diperhatikan. Daihatsu menjelaskan bahwa jika posisi tuas transmisi di ‘D’ saat lampu merah, ada kemungkinan pengemudi secara tidak sengaja melepas pedal rem, sehingga mobil bisa maju tiba-tiba dan berpotensi menyebabkan tabrakan.

Namun, perlu diingat  meskipun posisi tuas transmisi berada di ‘N’, pengemudi tetap harus menginjak rem. Hal ini berfungsi sebagai tanda bagi pengendara di belakang bahwa kendaraan sedang berhenti.

Dengan menginjak rem, pengendara di belakang dapat menjaga jarak aman dan mencegah kemungkinan terjadinya tabrakan dari belakang.

BACA JUGA:Hukum Berkurban dengan Kambing Betina, Ini Penjelasan Buya Yahya

Selain itu, menginjak rem saat tuas transmisi di ‘N’ juga memberikan kesempatan bagi kaki pengemudi untuk beristirahat sejenak tanpa harus terus-menerus menginjak pedal rem.

Jika anda masih belajar mengendarai mobil matic atau masih baru dalam mengendarai mibil matic. Anda harus mengetahui apa itu arti dari huruf dan angka di persneling mobil otomatis, berikut ini cara sistem transmisi ini beroperasi yang dikutip dari www.suzuki.co.id:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: