Iklan dempo dalam berita

Rincian Biaya Balik Nama Kendaraan Motor dan Mobil, Lengkapi Syarat dan Prosedurnya

Rincian Biaya Balik Nama Kendaraan Motor dan Mobil, Lengkapi Syarat dan Prosedurnya

Rincian biaya balik nama kendaraan--ist

1. Kunjungi bagian cek fisik kendaraan 

Langkah pertama, pihak SAMSAT akan melakukan cek fisik kendaraan berupa gesek nomor rangka mobil dan nomor mesin mobil. Pihak SAMSAT akan melakukan proses tersebut dan pemohon biasanya diajak untuk ikut menyaksikannya. 

Sebagai langkah antisipasi, kamu sebaiknya datang lebih pagi karena gesek nomor rangka memerlukan waktu cukup lama. Apalagi jika terdapat antrian yang panjang. Setelah melakukan cek fisik kendaraan , kamu akan menerima berkas formulir yang telah diisi oleh petugas SAMSAT. 

2. Mengisi formulir pendaftaran

Apabila semua berkas telah kamu berikan ke petugas, selanjutnya isi formulir di bagian loket. Kemudian petugas akan mengecek kesesuaian data yang kamu berikan dan setelah itu petugas akan memberikan bukti tanda terima agar kamu bisa melanjutkan proses balik nama kendaraan. 

3. Lakukan pembayaran 

Tahapan selanjutnya yakni melakukan pembayaran di kasir sesuai dengan nominal biaya balik nama mobil. Setelah proses pembayaran, petugas hanya perlu menunggu pembuatan BPKB dan STNK baru.

Demikian ulasan mengenai rincian biaya balik nama dan syaratnya, baik itu kendaraan motor maupun mobil. Semoga bermanfaat.

 

Nutri Septiana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: