Iklan dempo dalam berita

Benarkah Orang Meninggal Sebelum 40 Hari Arwahnya Masih Dirumah? Ini Penjelasan Quraish Shihab

Benarkah Orang Meninggal Sebelum 40 Hari Arwahnya Masih Dirumah? Ini Penjelasan Quraish Shihab

Benarkah arwah orang meninggal sebelum 40 hari masih di rumah?--

Ada pula yang mengatakan apa yang tidak diamalkan Rasulullah SAW tidak harus ditinggalkan.

“Jadi jalan tengahnya yang mau silahkan yang enggak mau silahkan. Paling penting, doakan dia kapan dan dimanapun,” kata dia.

Sementara itu, kematian merupakan salah satu rahasia Allah SWT. yang tidak akan diketahui oleh manusia. Namun, benarkah ada tanda tanda kematian menurut Islam? Begini penjelasannya.

BACA JUGA:Ngga Mau Ketinggalan! Ini 7 Hp POCO Terbaru di 2024 dengan Spesifikasi Makin Hebat, Harga Bersahabat

Dalam surat Al-Imran dijelaskan kalau setiap yang bernyawa pasti akan mati. Artinya, setiap makhluk hidup di dunia akan mengalami kematian. Hanya saja, kematian yang menimpa manusia adalah rahasia Illahi. Manusia tidak akan tahu di mana dan kapan kematian tersebut menimpa kita.

Dalam kepercayaan tertentu, aura orang yang akan meninggal konon dapat terlihat jelas. Salah satunya tanda-tanda kematian menurut primbon antara lain sinar mata memudar hingga kerap melihat ilusi wajahnya sendiri.

Di dalam agama Islam, tidak ada hadis atau ayat Al-Quran yang menjelaskan tanda-tanda kematian. Namun, pada surat Luqman dan An-Nisa menyinggung soal terjadinya kematian menurut Al-Qur’an.

BACA JUGA:Berkurban Untuk Keluarga yang Sudah Meninggal, Perhatikan 3 Hal Ini

Intinya, tidak ada siapa pun manusia yang mengetahui apa yang akan terjadi esok hari dan kapan dia akan mati selain Allah SWT.

1. 100 Hari Jelang Kematian

Tanda tanda kematian menurut Islam adalah terjadinya perubahan pada tubuh. Hal ini dijelaskan oleh Imam Al-Ghazali dalam kitab Ats-Tsabat ‘Inda al-Mamat. Banyak yang menyebut tanda kematian menurut Islam dapat dirasakan pada 100 hari sebelumnya.

Tanda tersebut akan dirasakan pada waktu ashar. Orang tersebut akan merasakan suhu tubuh bergetar, dingin atau menggigil dari ujung kaki sampai rambut. Bagi manusia beriman, tanda kematian ini akan terasa nikmat.

BACA JUGA:Waspada! Ini Deretan Pinjol Ilegal 2024 yang Tidak Terdaftar di OJK, Jangan Sampai Terjerat

2. 40 Hari Jelang Kematian
Tanda-tanda orang mau meninggal sebelum 40 hari menurut Islam adalah akan dirasakan pada waktu ashar. Konon orang yang mau meninggal bagian tubuhnya akan terasa sangat berdenyut.

Menurut buku Lika-Liku Kehidupan Sesudah Mati, hal tersebut merupakan sebuah pertanda bahwa nama kita dari pohon daun Sidrat al-Muntaha yang terletak di Arshy telah gugur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: