Iklan RBTV Dalam Berita

Diamalkan Menjelang Idul Adha, Inilah 6 Keutamaan Puasa Tarwiyah 2024, Bagaikan Puasa Setahun!

Diamalkan Menjelang Idul Adha, Inilah 6 Keutamaan Puasa Tarwiyah 2024, Bagaikan Puasa Setahun!

Diamalkan Menjelang Idul Adha, Inilah 6 Keutamaan Puasa Tarwiyah 2024, Bagaikan Puasa Setahun!--foto: rbtv.disway.id

Dengan adanya puasa ini akan membuat orang sadar akan beratnya kaum dhuafa dalam menjalankan kehidupannya. Apabila rasa iba tersebut telah muncul, maka setiap orang tidak akan berbuat semena-mena dan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Salah satunya adalah dengan memberikan apa yang dimilikinya kepada orang yang lebih membutuhkannya. Adanya kegiatan saling memberi ini akan membuat tingkat kesejahteraan merata sehingga bisa menyalurkan rasa bahagia bagi yang memberi dan diberi.

Itulah beberapa keutamaan yang akan didapatkan seseorang saat akan melaksanakan puasa Tarwiyah. Persiapkan diri untuk menjadi bagian dari orang-orang yang senantiasa mendapatkan keutamaan tersebut.

BACA JUGA:Banyak yang Bertanya, Apakah Orang yang Tidak Berpuasa Boleh Ikut Lebaran Idul Fitri? Begini Penjelasannya

Hukum Puasa Tarwiyah 

Puasa Tarwiyah merupakan puasa yang dilaksanakan pada hari Tarwiyah yang bertepatan pada 8 Zulhijah atau dua hari sebelum Hari Raya Idul Adha. 

Berdasarkan istilah, Tarwiyah berasal dari kata tarawwa yang artinya membawa bekal air. Sebab pada hari Tarwiyah, jamaah haji membawa bekal air zam-zam untuk persiapan Arafah dan menuju ke Mina.  

Namun puasa Tarwiyah hukumnya tidak wajib. Puasa Tarwiyah adalah puasa sunnah atau puasa yang dianjurkan untuk dilakukan berdasarkan perintah Rasulullah SAW.

Niat Puasa Tarwiyah

Perlu diperhatikan bahwa setelah mengetahui tanggal pelaksanaan secara pasti, baik itu kalender Hijriah ataupun Masehi, maka jangan lupa untuk membaca niat saat akan melaksanakan puasa. Karena setiap ibadah yang akan dilakukan bisa dinilai ibadah jika dilakukan dengan niat.

Oleh sebab itu, pengetahuan mengenai niat ini juga sangat penting untuk diketahui. Untuk lafadz niat dalam puasa Tarwiyah adalah sebagai berikut.

نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

“Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillahi ta’ala.”

Artinya: Saya niat puasa sunah Tarwiyah karena Allah SWT.

Dalam melakukan niat tersebut, tidak ada kewajiban untuk meniatkannya terlebih dahulu sebagaimana puasa fardhu di bulan Ramadhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: