Iklan dempo dalam berita

Warnanya Hijau Seperti Buah Anggur, Namanya Luluk Cabi untuk Lalapan Makan saat Musim Air Laut Surut

Warnanya Hijau Seperti Buah Anggur, Namanya Luluk Cabi untuk Lalapan Makan saat Musim Air Laut Surut

Luluk Cabi, tumbuhan laut yang sering digunakan untuk lalapan--

KAUR, RBTVCAMKOHA.COM – Sebagai daerah pesisir, warga Kabupaten Kaur menggantungkan hidup dari kekayaan laut. Tidak hanya mengambil ikan, ada banyak hal di dalam laut yang bisa dimanfaatkan.

Salah satunya Luluk Cabi. Luluk Cabi merupakan sebutan orang Kaur untuk tanaman anggur laut. Warnanya warna hijau dan bentuknya mirip seperti buah anggur. 

BACA JUGA:Pinjam Uang Rp 100 Juta Cicilan Ringan! Ini Tabel Pinjaman Mandiri 2024 Non KUR

Oleh warga Kaur, Luluk Cabi ini sering dikonsumsi sebagai lalapan makan. Rasanya gurih, asin karena air laut dan sedikit pedas. Bagi warga Kaur, makan dengan lalapan ini bisa menambah nafsu makan. 

Walaupun rasanya enak, namun tidak setiap saat Luluk Cabi bisa didapati. Luluk Cabi biasanya hanya bisa diambil warga ketika air laut surut. 

Karenanya sekarang, saat air laut sering surut, banyak warga yang turun ke pantai mencari Luluk Cabi. 

BACA JUGA:Kehidupan Sehari-hari dan Tradisi Suku Primitif Togutil, Yuk Kenali Lebih Dekat!

"Luluk Cabi ini sering untuk lalapan. Biasanya ibu-ibu di pesisir berburu Luluk Cabi ini pada waktu air laut surut di bulan-bulan tertentu. Ini juga favoritnya warga di pesisir pantai Kabupaten Kaur," ungkap Handy warga Desa Suku Tiga Kecamatan Nasal. 

Tidak hanya dijadikan lalapan, anggur laut jenis ini bisa dijadikan olahan urap. Dengan ditambahkan parutan kelapa, serta bumbu-bumbu lain membuat rasanya lebih nikmat lagi. 

BACA JUGA:Ingin Ajukan Pinjaman Kupedes BRI? Ini Pilihan Tenor Angsuran Kupedes BRI 2024 yang Dapat Dipilih

Di Kabupaten Kaur, anggur laut ini masih cukup mudah untuk ditemui. Karenanya hampir rata-rata pesisir pantai Kabupaten Kaur, memiliki karang yang menjadikan habitat anggur laut atau Luluk Cabi ini masih sangat asri.

 

Febrianto Romadhon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: