Iklan dempo dalam berita

Sumatera Kaya akan Harta Karun Hasil Tambang, Ini Ragam Jenis Tambangnya

Sumatera Kaya akan Harta Karun Hasil Tambang, Ini Ragam Jenis Tambangnya

Sumatera Kaya akan Harta Karun Hasil Tambang--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Sumatera kaya akan harta karun hasil tambang, ini ragam jenis tambangnya.

Tambang di Sumatera terdiri dari berbagai jenis, baik yang bersifat energi maupun non-energi, seperti minyak bumi, gas alam, batu bara, emas, perak, tembaga, nikel, timah, bauksit, belerang, mangan, bijih besi, dan lain-lain.

BACA JUGA:Miliki Cadangan Harta Karun Emas Mencapai 168,6 Juta Ton, Ternyata Ini Kualitas Emas Sumatera

Tambang-tambang ini tersebar di berbagai provinsi di Sumatera, seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), sektor mineral dan batubara (minerba) menyumbang pendapatan negara bukan pajak (PNBP) sebesar Rp 41,77 triliun pada tahun 2018 lalu, dan itu melebihi target yang ditetapkan sebesar Rp 32,1 triliun.

BACA JUGA:Orang Tapanuli Selatan dan Aceh Tengah Harus Tahu, Daerah Ini Penghasil Harta Karun Emas di Sumatera

Tambang di Sumatera juga memberikan kontribusi bagi pendapatan daerah melalui royalti, pajak, retribusi, dan dana bagi hasil.

Selain itu, tambang di Sumatera juga menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar tambang melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), seperti pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi.

BACA JUGA:Ternyata Riau dan Sumsel Punya Harta Karun Minyak Bumi Terbesar di Indonesia, Segini Produksinya Perhari

Sebagian orang mungkin mengidamkan bekerja di sektor-sektor bergengsi seperti sektor pertambangan. Salah satu penyebabnya lantaran memiliki gaji yang tinggi seperti di sektor pertambangan emas, batu bara atau pun pertambangan minyak dan gas bumi (migas).

Namun demikian, di balik semua itu, ada beberapa risiko yang dapat mengancammu saat memutuskan diri untuk bekerja di sektor pertambangan, apalagi bagi kamu yang terjun langsung bekerja sebagai pekerja di lapangan.

BACA JUGA:Lokasi Harta Karun Berlian di Kalimantan yang Punya Kualitas Super di Dunia! Ini Beda Berlian Asli atau Palsu

Untuk itu sebelum kamu memutuskan untuk berkarier di sektor bergengsi ini, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa risiko bekerja di sektor bertambangan. 

Berikut ini 5 diantaranya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: