Iklan dempo dalam berita

Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor 2024, Ini 3 Cara Cek Pajak Kendaraan Secara Online

Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor 2024, Ini 3 Cara Cek Pajak Kendaraan Secara Online

Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor 2024, Ini 3 Cara Cek Pajak Kendaraan Secara Online--Foto: ist

Dirangkum dari berbagai sumber, setidaknya, ada tiga cara mengecek biaya pajak mobil secara online yang bisa dicoba untuk diaplikasikan. Berikut ini adalah beberapa pilihan pengecekan pajak secara online yang dapat memudahkan Anda.  

- Website Samsat  

Cara cek biaya pajak mobil termudah sebenarnya cukup mendatangi laman resmi alias website Samsat. Bukan hanya bisa mengetahui biaya pajak kendaraan, berbagai informasi lain juga dapat diperoleh dari situs resmi ini, seperti tanggal jatuh tempo pajak kendaraan.  

BACA JUGA:Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor di Bengkulu Kembali Digelar, Catat Tanggalnya

Namun ingat, website resmi Samsat bisa saja berbeda antar tiap wilayah. Jakarta merupakan salah satu wilayah yang sudah memiliki situs resmi Samsatnya sendiri.  

Berikut ini adalah beberapa tahapan yang perlu dilakukan untuk melakukan cek biaya pajak mobil beserta tanggal jatuh temponya secara online lewat website Samsat. 

1. Buka website resmi Samsat 

Jika melalui ponsel, Anda bisa membuka situs resmi Samsat lewat di samsat.info. Sementara itu jika ingin membuka situs resminya lewat laptop atau komputer, Anda bisa mengunjungi situs resmi berdasarkan daerah, seperti www.jakarta.go.id/e-samsat untuk DKI Jakarta atau bapenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/ untuk Jawa Barat.  

BACA JUGA:Ini Biaya-biaya yang Dihapus dalam Program Pemutihan Pajak, Jangan Sampai Keliru

2. Isi Data  

Setelah masuk ke situs resmi, isilah data kendaraan untuk bisa mengecek biaya pajak mobil. Umumnya, Anda perlu mengisi nomor polisi kendaraan disertai nomor induk kependudukan pada kolom yang tersedia di situs tersebut. Setelah itu, klik untuk melanjutkan proses.  

3. Pantau Biaya Pajak  

Setelah pengisian data, Anda akan mendapatkan informasi mengenai seberapa besar biaya pajak yang mest dibayarkan. Tapi hati-hati, biaya pajak yang ditampilkan di website belum termasuk denda keterlambatan maupun pajak progresif. 

- Aplikasi e-Samsat   

Samsat memiliki aplikasi khusus yang bisa memudahkan pemilik kendaraan untuk mengecek biaya pajak mobil atau motornya secara online. Apikasi e-Samsat tersebut dikenal dengan nama Sambara. Kelebihan dari aplikasi ini tidak hanya membantu melakukan pengecekan biaya pajak, melainkan juga menghadirkan berbagai menu lain terkait perpajakan kendaraan.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: