Iklan RBTV Dalam Berita

Rincian Dana Desa Kabupaten Toli Toli 2024, Desa Mana yang Paling Besar Pembagian

Rincian Dana Desa Kabupaten Toli Toli 2024, Desa Mana yang Paling Besar Pembagian

Rincian Dana Desa Kabupaten Toli Toli 2024--

Pemanfaatan dalam bidang ini diutamakan untuk mendanai pelaksanaan program dan kegiatan di bidang pelayanan sosial dasar yang berdampak langsung pada meningkatnya kualitas hidup masyarakat desa.

Adapun program yang dimaksud dalam bidang pelayanan sosial adalah pengadaan, pembangunan, pengembangan, serta pemeliharaan sarana dan prasarana dasar untuk pemenuhan kebutuhan lingkungan pemukiman. 

BACA JUGA:Begini Kronologi KM Umsini Terbakar di Pelabuhan Makassar, saat Itu Kapal Mengangkut 1.677 Orang

Hal ini seperti pemenuhan air bersih dan lingkungan bersih, transportasi seperti tidak ada kesulitan lagi untuk berpergian karena sudah ada akses kendaraan umum, energi seperti masuknya listrik ke desa-desa di pelosok negeri, informasi dan komunikasi seperti sudah terdapat alat komunikasi dan pemenuhan kebutuhan signal di desa tepencil, serta sosial.

BACA JUGA:Rincian Dana Desa Kabupaten Jombang Jawa Timur 2024, Paling Besar Desa Ini yang Menerima

5. Dana desa dimanfaatkan untuk meningkatan kesejahteraan masyarakat desa

Yang dimaksud dengan menyejahterakan masyarakat di sini adalah dana desa dimanfaatkan untuk membenrtuk lapangan pekerjaan yang baru.

Untuk mendanai program yang berkelanjutan terutama dalam meningkatkan sumber daya manusia dalam segi kemampuan dan kreatifitas sehingga masyarakat menjadi lebih mandiri dan produktif.

BACA JUGA:Simak, Rincian Dana Desa Kabupaten Probolinggo Tahun 2024, Desa Ini Dananya Paling Besar

6. Dana desa digunakan untuk meningkatkan pelayanan publik

Penggunaan dana desa untuk pelayanan publik yang dimaksud adalah pelayanan kesehatan, pendidikan dan sosial. Di bidang kesehatan misalnya adanya program pencegahan kekurangan gizi dan stunting.

Dalam bidang pendidikan misalanya telah dibangun PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan sosial seperti adanya program untuk balita, remaja dan Lansia, pihak desa bisa memberikan binaan kepada masyarakat tentang hal-hal yang bisa membantu mencerdaskan masyarakat desa.

BACA JUGA:Polwan Mojokerto Bakar Suami karena Habiskan Uang Belanja, Rupanya Digunakan untuk Hal Ini

7. Dana desa dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur desa

Mayoritas penggunaan dana desa dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur seperti jalan, jembatan, dan pembuatan embung desa. Biasanya anggaran yang paling banyak diperuntukkan untuk pembangunan infrastruktur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: