Iklan dempo dalam berita

Segera cekbansos.kemensos.go.id, Ini Daftar Nama Penerima Bansos Tahun 2024

Segera cekbansos.kemensos.go.id, Ini Daftar Nama Penerima Bansos Tahun 2024

Cara cek penerima bansos tahun 2024--

6. Penanggulangan Bencana

Terakhir, pemberian bansos bertujuan untuk penanggulangan bencana merupakan serangkaian upaya yang ditujukan untuk rehabilitasi.

Jenis Bansos

Secara umum, bansos dibedakan menjadi tiga jenis. Antara lain sebagai berikut:

1. Bantuan Sosial Berupa Uang

Bantuan sosial berupa uang diberikan secara langsung kepada penerima seperti beasiswa bagi anak miskin, yayasan pengelola yatim piatu, nelayan miskin, masyarakat lanjut usia, terlantar, cacat berat dan tunjangan kesehatan putra putri pahlawan yang tidak mampu. 

Bantuan jenis ini dapat diberikan secara tunai maupun non tunai.

2. Bantuan Sosial Berupa Barang

Bantuan sosial berupa barang adalah barang yang diberikan secara langsung kepada penerima seperti bantuan kendaraan operasional untuk sekolah luar biasa swasta dan masyarakat tidak mampu, bantuan perahu untuk nelayan miskin, bantuan makanan/pakaian kepada yatim piatu/tuna sosial, ternak bagi kelompok masyarakat kurang mampu.

BACA JUGA:Begini Sistem Penilaian UTBK SNBT 2024, Cek Apakah Kamu Lulus Jadi Maba di PTN Dambaan?

3. Bantuan Sosial Berupa Jasa

Bantuan sosial berupa jasa disalurkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Contoh bantuan berupa jasa adalah pemberian pelatihan untuk penerima bantuan dari satuan kerja (pemberi bansos).

Lantas, bagaimana cara mengajukan untuk menjadi penerima bansos? Melansir Instagram resmi Kemensos, berikut ini alur pendaftarannya: 

1. Unduh aplikasi 

Mengunduh "Aplikasi Cek Bansos" melalui PlayStore. Gunakan kata kunci "Aplikasi Cek Bansos" dan cek apakah pembuatnya adalah Kementerian Sosial atau bukan, karena banyak aplikasi serupa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: